Kompas.com - 16/08/2020, 09:12 WIB
Pedagang menjual ikan bandeng di Pasar Pinangsia, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/1/2014). Warga Tionghoa mulai membeli ikan bandeng untuk sajian tahun baru Imlek 2565. Menurut kepercayaan Tionghoa, warna putih mengkilap pada ikan bandeng melambangkan keberuntungan dan membawa rezeki untuk disantap saat Imlek. TRIBUNNEWS/HERUDIN HERUDINPedagang menjual ikan bandeng di Pasar Pinangsia, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/1/2014). Warga Tionghoa mulai membeli ikan bandeng untuk sajian tahun baru Imlek 2565. Menurut kepercayaan Tionghoa, warna putih mengkilap pada ikan bandeng melambangkan keberuntungan dan membawa rezeki untuk disantap saat Imlek. TRIBUNNEWS/HERUDIN

 

KOMPAS.com - Makan bandeng presto atau pindang bandeng memang terasa nikmat. Namun sajian bandeng yang sudah dimasak sedemikian rupa akan terasa tak enak jika kualitas bandeng sudah tidak segar.

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Ikan Segar, dari Sisik sampai Insang

Executive Chef The Hermitage a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta, Chef Ferdian Tobing hadir pada sesi #MasakdiRumahAja edisi Jumat, 14 Agustus 2020 di Instagram @kompas.travel.

Ia mempraktikkan resep pindang bandeng sekaligus memberikan tips memilih bandeng yang kualitasnya bagus dan segar.

Berikut cara memilih bandeng segar dari Chef Ferdian Tobing: 

1. Cium baunya

“Ikan bandeng memang cenderung berbau lumpur dan kalau sudah masuk ke pasar pasti masih berbau lumpur, tapi bedanya menyengat atau tidak menyengat,” jelas Ferdian saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Resep Pindang Bandeng dari Chef Hotel Berbintang

Ikan bandeng yang segar akan memiliki bau amis tak terlalu menyengat. Bau amisnya akan sangat natural seperti ikan segar pada umumnya.

Kamu harus menghindari bandeng yang sudah berbau amis yang tajam dan tidak wajar. 

2. Perhatikan sisik

Ikan bandeng yang segar memiliki ciri pada sisiknya. Sisik ikan bandeng tidak mudah terkelupas atau bahkan sudah terlepas dari kulitnya.

Baca juga: Cara Membuat Fillet Ikan Segar, Perlu 2 Langkah Saja

“Kalau copot satu atau dua ya mungkin karena ikan bandeng yang sudah dibawa ke pasar dari tambak pasti sudah tak sempurna,” papar Ferdian.

Pilihlah bandengn dengan sisik yang masih utuh dan teksturnya keras, melekat sempurna, dan tidak mudah lepas, itu salah satu ciri ikan bandeng yang masih segar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.