Cara Membuat Fillet Ikan Segar, Perlu 2 Langkah Saja

Kompas.com - 27/07/2020, 20:20 WIB
Ilustrasi ikan sedang difillet. SHUTTERSTOCK/PRARINYAIlustrasi ikan sedang difillet.

KOMPAS.com - Pada resep olahan ikan terkadang dibutuhkan bahan ikan filet. Agar lebih praktis, ikan filet memang sudah ada dijual di supermarket. Tapi di rumah pun kamu juga bisa membuat sendiri ikan filet.

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Ikan Segar, dari Sisik sampai Insang

Cara membuat ikan fillet, kamu hanya perlu membelah perut dan keluarkan organ dalam ikan, lalu buang insang dan kepala ikan bersamaan. Berikut ini langkah-langkah fillet ikan dilansir dari The Spruce Eat.

1. Buang bagian kepala ikan

Cara untuk membuang bagian kepala, mulailah dengan memposisikan pisau di bagian atas tulang punggung tepat belakang insang, lalu potong ke bagian bawah dan masukkan sirip dada ke bagian yang dipotong.

Lalu balik badan ikan potong dari bagian bawah kepala ke bagian atas seperti sebelumnya sampai titik akhir potongan ada di bagian atas. Setelah itu, untuk melepaskan kepala ikan kamu cukup memutarnya.

Ilustrasi memotong ikan tuna mentah. SHUTTERSTOCK/BRAVISSIMOS Ilustrasi memotong ikan tuna mentah.

2. Filet daging ikan

Cara untuk fillet, mulailah sayat daging ikan dari bagian punggung ikan dekat daerah kepala. Kemudian sayat ikan dengan ujung pisau sampai ke bagian ekor.

Setelah daging ikan disayat sampai bagian ekor, kamu bisa menyelesaikan filet ikan keseluruhan dengan menyayat ikan lebih ke dalam sampai ke bagian perut. Sayat ikan hingga daging lepas dari tulang.

Setelah satu sisi bagian ikan di filet, lanjutkan ke sisi satunya. Setelah selesai, ikan filet siap diolah. Kamu juga bisa mengolah karkas ikan untuk dijadikan kaldu.

Baca juga: Apa Itu Ikan Dori? Bentuknya Aneh tapi Cocok Dimasak Beragam Hidangan


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X