Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Fillet Ikan Segar, Perlu 2 Langkah Saja

KOMPAS.com - Pada resep olahan ikan terkadang dibutuhkan bahan ikan filet. Agar lebih praktis, ikan filet memang sudah ada dijual di supermarket. Tapi di rumah pun kamu juga bisa membuat sendiri ikan filet.

Cara membuat ikan fillet, kamu hanya perlu membelah perut dan keluarkan organ dalam ikan, lalu buang insang dan kepala ikan bersamaan. Berikut ini langkah-langkah fillet ikan dilansir dari The Spruce Eat.

1. Buang bagian kepala ikan

Cara untuk membuang bagian kepala, mulailah dengan memposisikan pisau di bagian atas tulang punggung tepat belakang insang, lalu potong ke bagian bawah dan masukkan sirip dada ke bagian yang dipotong.

Lalu balik badan ikan potong dari bagian bawah kepala ke bagian atas seperti sebelumnya sampai titik akhir potongan ada di bagian atas. Setelah itu, untuk melepaskan kepala ikan kamu cukup memutarnya.

2. Filet daging ikan

Cara untuk fillet, mulailah sayat daging ikan dari bagian punggung ikan dekat daerah kepala. Kemudian sayat ikan dengan ujung pisau sampai ke bagian ekor.

Setelah daging ikan disayat sampai bagian ekor, kamu bisa menyelesaikan filet ikan keseluruhan dengan menyayat ikan lebih ke dalam sampai ke bagian perut. Sayat ikan hingga daging lepas dari tulang.

Setelah satu sisi bagian ikan di filet, lanjutkan ke sisi satunya. Setelah selesai, ikan filet siap diolah. Kamu juga bisa mengolah karkas ikan untuk dijadikan kaldu.

https://www.kompas.com/food/read/2020/07/27/202000075/cara-membuat-fillet-ikan-segar-perlu-2-langkah-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke