10 Seafood Paling Mahal di Dunia, Ada Ikan Seharga Rp 250 Juta-an

Kompas.com - 07/07/2020, 21:31 WIB
Ilustrasi seafood platter, ada udang, lobster, kepiting, kerang dalam satu piring. Dok. Pixabay/ShenXinIlustrasi seafood platter, ada udang, lobster, kepiting, kerang dalam satu piring.

KOMPAS.com - 10 seafood di bawah ini termasuk punya harga paling mahal di dunia. Mulai dari tuna sirip biru sampai ikan buntal.

Terdapat alasan tertentu kenapa seafood tersebut mahal, seperti kelangkaan maupun cara mengolahnya yang butuh keahlian khusus.

Baca juga: 5 Buah Paling Mahal di Jepang, Ada Melon Seharga Ratusan Juta

Dilansir dari First We Feast, berikut 10 seafood paling mahal di dunia dan tempat untuk mendapatkannya.

1. Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna)

Harga: 3.603 dollar Amerika Serikat per pon (dihargai senilai 1,76 juta dollar Amerika Serikat pada tahun 2013)

Asal: Tokyo, Jepang

Kiyoshi Kimura, pemilik restoran sushi dengan banyak cabang merupakan pemegang rekor pembelian tuna sirip biru.

Tuna King, sebutan bagi Kiyoshi, menghabiskan uang senilai 1,76 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 250 juta pada 2013 untuk beli tuna sirip biru.

Ikan tersebut dapat dimakan di restoran khusus yang ada Jepang. Tuna sirip biru merupakan jenis ikan yang paling mahal, tetapi hal itu tidak menghentikan orang Jepang untuk memakannya.

Walaupun persediaan menurun, warga Jepang dilaporkan mengonsumsi lebih dari setengah dari pasokan sirip biru dunia.

2. Sup Ikan 'Buddha Jump Over The Wall'

Harga: 108 pounds (169,86 dollar Amerika Serikat)

Asal: Kai Mayfair, Inggris

Saat musim dingin dan hujan, warga London dapat menikmati sup ikan paling mahal di dunia ini. Untuk dapat menikmatinya, harus siapkan budget Rp 2,5 juta-an.

Restoran Kai Mayfair di London, Inggris, telah membuat hidangan ini dengan semua hasil laut terbaik. Di antaranya abalon, jamur bunga Jepang, teripang, kerang kering, bahkan sirip hiu.

Untuk mempersiapkan hidangan mewah ini diperlukan waktu khusus. Pastikan untuk memberi tahu restoran setidaknya lima hari sebelumnya kalau ingin memesan sup ini.

3. Kaviar Almas (Almas Caviar)

Ilustrasi caviar, telur ikan yang harganya mahal. PIXABAY/MICHAEL WEBER Ilustrasi caviar, telur ikan yang harganya mahal.

Harga: 16.000 pounds (25.162,88 dollar Amerika Serikat)

Asal: The Caviar House & Prunier, Inggris

Kaviar sejak lama menjadi raja makanan bagi kaum borjuis, tetapi The Caviar House & Prunier di Inggris benar-benar meningkatkan harganya.

Pelanggan dapat menikmati telur ikan terbaik yang disajikan dalam kaleng emas 24 karat seharga Rp 360 juta-an. Caviar House & Prunier adalah satu-satunya restoran di dunia yang menawarkan Almas Caviar.

4. Samundari Khazana Curry

Harga: 2.000 pounds (3.200 dollar Amerika Serikat)

Asal: Bombay Brasserie, Inggris

‘Samundari Khazana’ atau ‘harta karun hidangan laut’ dibuat sebagai hidangan satu malam yang luar biasa.

Makanan khas London ini berisi kepiting Devon, truffle putih, kaviar Beluga, dan lobster Skotlandia yang dilapisi emas yang dapat dimakan.

Baca juga: Perjalanan Lobster dari Ransum Narapidana sampai Jadi Makanan Mewah

Agar hidangan ini semakin meningkatkan selera, mungkin bisa ditambahkan empat abalon, empat telur puyuh, dan kaviar.

Chef Prahlad Hedge menciptakan hidangan ini sebagai penghargaan untuk film Slumdog Millionaire yang sangat sukses pada 2009.

5. Tiram King Coffin Bay

Ilustrasi tiram. PIXABAY/YING-PIN PAO Ilustrasi tiram.

Harga: 100 dollar Amerika Serikat per tiram

Asal: Coffin Bay, Australia

Jika ingin meningkatkan pengalaman menikmati tiram, coba pergi ke Coffin Bay, Australia.

Tiram yang dipanen di sana berukuran panjang 18cm dan beratnya mencapai 1kg, menjadikannya yang terbesar di dunia. Tiram jenis ini secara tradisional disajikan mentah dengan irisan lemon.

Tiram Coffin Bay dihargai senilai 100 dollar Amerika Serikat atau Rp 1,5 juta-an per potong. Dengan harga segitu, membuat kamu merasa bak seorang sultan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X