Mengenal Minyak Kelapa Khas Bali Bernama Lengis Tandusan, Dipakai untuk Masakan

Kompas.com - 07/07/2020, 22:10 WIB
Ilustrasi minyak kelapa belchonockIlustrasi minyak kelapa

JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat Bali punya minyak kelapa yang mereka buat secara tradisional dan turun temurun. Minyak kelapa ini disebut dengan “ lengis tandusan”.

Lengis tandusan ini minyak goreng tradisional Bali. Aromanya kuat sekali sangat bagus dan bisa untuk bikin apa saja. Apalagi untuk masakan tradisional bisa kasih aroma tersendiri kayak bikin sambal matah dan betutu,” kata Chef Wayan Dana dari InterContinental Resort Bali ketika dihubungi Kompas.com, Senin (6/7/2020).

Dalam sesi #MasakdiRumahAja yang tayang di Live Instagram @kompas.travel, Jumat (3/7/2020), Chef Dana sempat menyebutkan penggunaan lengis tandusan pada hidangan yang ia buat yakni Nyat Nyat Barramundi Bumbu Rajang.

Baca juga: Resep Nyat Nyat Barramundi Bumbu Rajang Khas Bali, Mudah Dibikin

Cara bikin lengis tandusan

“(Lengis tandusan) bisa dibilang kayak VCO ( virgin coconut oil) VCO, hanya kalau VCO itu pengolahan secara modern ini tradisional,” ujar Chef Dana.

Ilustrasi santanShutterstock Ilustrasi santan

Lengis tandusan dibuat dari daging kelapa yang diparut lalu direndam air. Daging kelapa tersebut kemudian diperas untuk menghasilkan santan.

Santan direbus dengan wajan di atas api kecil selama beberapa jam. Terus dipanaskan sampai memunculkan minyak di bagian atasnya. Minyak inilah yang disebut lengis tandusan.

Ambil minyak tersebut menggunakan sendok lalu tuang ke atas wajan yang berbeda.

Panaskan lagi minyak tersebut selama beberapa saat, baru siap digunakan. Pemanasan tersebut bertujuan agar minyak lebih harum dan tahan lama.

“Banyak yang menambahkan pakai kunyit juga sedikit biar warnanya kuning. Tergantung daerahnya ya. Kalau di Jimbaran ya seperti itu saja,” pungkas Chef Dana.

Lengis tandusan juga dipercaya punya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jadi selain makanan akan punya rasa dan aroma yang kaya, tapi juga lebih bergizi.

Selain digunakan untuk memasak, lengis tandusan juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan seperti perawatan kulit, rambut, dan wajah karena mengandung banyak antioksidan yang baik.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X