Cara Tanam Kangkung dengan Metode Hidroponik, Bisa Ditaruh dalam Kamar

Kompas.com - 03/07/2020, 08:28 WIB
Ilustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik. Media tanam berupa botol plastik bekas. SHUTTERSTOCK/BAYU WIDHI NUGROHOIlustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik. Media tanam berupa botol plastik bekas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kangkung merupakan sayuran yang bisa ditanam dengan metode hidroponik. Sayuran hijau satu ini mudah tumbuh dan bisa kamu nikmati hasilnya.

Baca juga: Tips Tanam Sayuran dengan Metode Hidroponik di Ruangan Tertutup, Cocok untuk Anak Kos

Metode hidroponik bertujuan menumbuhkan tanaman tanpa media tanah melainkan dengan air. Metode ini dikembangkan untuk masyarakat di perkotaan yang memiliki lahan sempit.

Ikbal Alexander, founder Kertabumi Recycling Center mengatakan bahwa kangkung merupakan tanaman yang cocok untuk pemula yang coba menanam dengan metode hidroponik.

"Tanaman yang cocok dan mudah ditanam dengan hidroponik ini adalah sayuran hijau antara lain seperti kangkung, sawi, dan bayam," kata Ikbal kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik. SHUTTERSTOCK/DANIELSIKODOX Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik.

Cara membuat alat hidroponik

Alat tanam metode hidroponik dapat dibuat sendiri. Langkah membuatnya:

1. Lubangi bagian bawah gelas atau botol plastik.

2. Lapisi bagian dalam wadah dengan ketebalan yang cukup pakai kain flanel, sumbu, atau spons. 

3. Siapkan wadah sederhana seperti ember atau botol plastik 1,5 liter. Masukkan wadah tanaman sedalam 1 cm. Pastikan flanel atau media pelembab lainnya sudah terendam air sebagian.

“Tempat penampung airnya bisa bebas, bisa ember atau botol air mineral yang bekas yang besar, lalu dikasih air sampai menenggelamkan akar dari tanamannya,” papar Ikbal.

Kain flanel berfungsi sebagai tumpuan akar agar bentuknya tegak. Kain flanel bisa diganti dengan batu kerikil. Media seperti flanel, sumbu, spons, dan kerikil berguna untuk menjaga kelembapan akar.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X