Kuliner Malam di Mangga Besar Jakarta, Mampir ke 3 Tempat Makan Chinese Food Ini

Kompas.com - 02/07/2020, 22:10 WIB
Ilustrasi kwetiau kuah. SHUTTERSTOCK/ABID99Ilustrasi kwetiau kuah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mangga Besar tidak hanya dikenal sebagai salah satu daerah di bilangan Jakarta Barat, melainkan juga dikenal sebagai gudangnya wisata kuliner Chinese Food.

Setidaknya terdapat tiga tempat makan Chinese Food di Mangga Besar yang justru lebih populer buka pada malam hari.

Baca juga: Asal-usul Mangga Besar Jadi Pusat Kuliner Malam di Jakarta

Seorang pemandu wisata dari JKT Good Guide, Cindy Tan, memandu 40 peserta virtual tur Keliling Jakarta dari Atourin bertemakan "Gemerlap Kehidupan Malam", Jumat (26/6/2020) ke tiga tempat tersebut.

"Mangga Besar itu terkenal banget sama kuliner malam. Jadi kalau laper midnight, tempat rescue pertama dari anak-anak Jakarta Utara itu makan ke daerah Mangga Besar," kata Cindy saat mulai memandu wisata virtual.

Para peserta diajak menjelajahi tiga tempat makan malam di Mangga Besar yakni Bakso A Kiaw 99 Medan, Kwetiau Akang Medan, dan Bubur Ayam Tangki 18 "A Guan".

Melihat papan nama tempat makannya yang selalu membawa daerah Medan membuat peserta bertanya-tanya mengapa demikian.

Usut punya usut, jelas Cindy, para etnis Tionghoa yang berada di Mangga Besar rata-rata pendahulunya merupakan perantauan Medan, Sumatera Utara.

"Jadi memang kenapa kok tiap makanan di Mangga Besar kebanyakan ada kata "Medan" nya. Nah itu karena kebanyakan etnis Tionghoa Medan merantau ke daerah Muara Karang, Mangga Besar. Jadi bisa disebut Medan Kingdom. Isinya banyak perantau dari Sumatera, seperti Medan, Bangka, Belitung, Palembang," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, tak heran jika orang akan menemukan varian makanan Chinese Food di Mangga Besar yang khas Sumatera dibandingkan pulau lainnya.

"Contohnya, basis Chinese lainnya kan ada yang dari Kalimantan. Nah, kalau di Jakarta, makanan Chinese Food berpadu Kalimantan itu adanya di daerah Pademangan," ujarnya.

Meski menjual varian makanan Chinese Food, ada juga varian makanan yang non babi dan bebas dipesan tanpa rasa takut, kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X