Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 20:07 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat, terlebih lagi di bidang transportasi laut.

Untuk itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) meminta lulusan Balai Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta harus menguasai teknologi pelayaran. Hal ini juga harus dilakukan agar bisa terserap di dunia pekerjaan.

Baca juga: 30 BUMN Buka 890 Lowongan Kerja untuk Lulusan Diploma, S1, dan S2

Demikian diungkapkan oleh Kepala BPSDMP, Djoko Sasono, pada saat memimpin upacara pelantikan 144 Pelaut Ahli Nautika dan Teknika Tingkat II, III.dan IV yang juga dihadiri oleh Sekretaris BPSDMP, Capt. A Arif Priadi dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL), BPSDMP, Amiruddin.

Lalu ada Ketua Sekolah Ilmu Tinggi Pelayaran (STIP) Jakarta, Capt Sudiono dan Kepala OP Tanjung Priok, Capt Wisnu Handoko.

Menurut Djoko, dengan perkembangan teknologi itu, maka lulusan Program Diklat Pelaut BP3IP Jakarta untuk mampu menguasai teknologi terbaru dan memiliki wawasan internasional, sehingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan pelayaran yang hijau dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

"Saya menyakini bahwa setelah masuk dunia kerja para lulusan dapat menjadi pribadi yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan, mampu melaksanakan tugas diatas kapal dan menyelesaian permasalahan dengan tangguh dan handal sesuai nilai nilai budaya Bangsa Indonesia yang merupakan bangsa maritim," kata Djoko.

Dia menambahkan, secara geografis letak indonesia dikelilingi laut yang dikenal sebagai archipelago membuat aktivitas kemaritiman.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Ungkap Alasan Ubah Mekanisme Seleksi Masuk PTN 2023

Seperti, pelayaran antar laut antar pulau memainkan peranan penting dalam membangun suatu sistem hubungan dunia yang terjalin antar satu wilayah dengan wilayah lainnya, sehingga hal ini yang menjadikan Indonesia memiliki potensi sebagai poros maritim dunia.

"Kini sudah waktunya mengembalikan kejayaan maritim Indonesia melalui pelaut yang unggul, profesional, berintegritas, dan mampu bersaing di kancah internasional," ucap Djoko.

Tak lupa, dia menekankan kembali bagi para pelaut yang baru dilantik, harus siap dengan bekerja keras.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+