Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Sekolah Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Murid sejak Dini...

Kompas.com - 13/05/2024, 15:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com – Negara tidak selamanya bisa menciptakan lapangan kerja. Terlebih kala Indonesia mengalami era demografi pada tahun 2030.

Pada masa itu, jumlah penduduk usia produktif 15-64 tahun akan lebih besar dibandingkan usia nonproduktif. Setidaknya, jumlahnya mencapai 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Artinya, Indonesia tidak lagi hanya bisa menyiapkan generasi muda pencari kerja. Indonesia harus segera menyiapkan generasi muda yang mampu menjadi pengusaha muda, bahkan yang membuka lapangan kerja.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Hanya saja, berdasarkan catatan Kementrian Koperasi dan UKM, saat ini Indonesia baru mencapai rasio kewirausahaan sebesar 3,47 persen. Sedangkan, untuk dikategorikan sebagai negara maju di 2040, Indonesia harus memiliki rasio entrepreneur atau wirausaha mencapai 1 persen dari populasi.

Karena itu, diperlukan wadah-wadah yang memungkinkan generasi muda untuk memupuk semangat, naluri, dan keterampilan kewirausahaan sejak dini.

Guna mendorong jiwa kewirausahaan pada generasi muda, Sekolah HighScope Indonesia rutin menggelar Conscious Business Day. Kegiatan yang melibatkan siswa jejang SD hingga SMA ini melatih siswa merencanakan dan menjalankan proses kewirausahaan, mendapatkan pengalaman, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam situasi nyata.

Untuk di jenjang SMA, HighScope Indonesia juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini dengan menyelenggarakan sebuah program yang bernama Virtual Company Indonesia (VCI). VCI merupakan sebuah program simulasi bisnis bagi siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Baca juga: Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid

Pada tahun 2024, VCI juga melibatkan sejumlah sekolah antara lain SMKN 20 Jakarta, SMKN 51 Jakarta, SMKN 43 Jakarta, SMA HighScope Indonesia TB. Simatupang, dan SMA HighScope Indonesia Bali.

Program kegiatan tahunan VCI dimulai dari Business Plan Competition yang berlangsung di Selasa, 13 Februari 2024 di Sekolah HighScope Indonesia TB. Simatupang.

Dalam kompetisi ini setiap perusahaan virtual yang terhubung dengan VCI akan mengikuti dan berkompetisi dalam ajang ini dengan mengeksplorasi ide bisnis dan kompetensi manajerialnya dalam mengelola perusahaan virtualnya di hadapan dewan juri yang terdiri dari para ahli dan praktisi bisnis.

Acara ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan karena selain dievaluasi, para pelaku bisnis dari berbagai industri juga diundang untuk berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada para peserta.

Muhammad Jupaka Syahputra, seorang serialpreneur sangat terkesan dengan pengalamannya menjadi juri.

“Saat dengar ada business competition di jenjang SMA-SMK saya awalnya kaget, karena lumayan jarang ya. Acaranya sangat seru dan performa para peserta cukup di luar perkiraan. Karena saat melihat presentasi dari mereka hari ini, sudah tidak di level SMA dan SMK sih, sudah di level investment deck yang biasa saya terima dari teman-teman UMKM. Ternyata di level mereka sudah bisa lho membuat deck yang sudah sangat proper dan well-managed dari sisi detail dan iden bisnisnya sendiri,” ujarnya.

Baca juga: 4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif

Jessica Halim, founder dari demibumi.id pun memaparkan pengalaman yang serupa. Menurutnya, kegiatan ini membuatnya terinspirasi.

“Jadi kita bisa melihat visi-misi baru untuk anak-anak generasi muda ini seperti apa, mindset mereka seperti apa. Kita juga terbuka wawasannya, jadi sebenarnya program ini bukan cuma bagus untuk mereka, tapi juga bagus untuk entrepreneur lainnya, untuk melihat kembali masa depan,” paparnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com