Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama di Qatar, 10 Kampus Terkemuka di Indonesia Hadir dalam Pameran Pendidikan

Kompas.com - 13/05/2024, 10:26 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

KOMPAS.com - KBRI Doha menggelar The First Indonesian Education Expo pada 11-12 Mei 2024 di Qatar.

Sesuai namanya, pameran pendidikan ini merupakan kali pertama diadakan di Qatar.

Selama ini perguruan tinggi yang hadir dalam pameran tersebut cenderung mempromosikan programnya sendiri-sendiri.

Perguruan tinggi yang berpartisipasi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, IPB University, dan Binus University.

Pembukaan pameran yang menampilkan 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia itu dilakukan oleh Duta Besar RI untuk Qatar, Ridwan Hassan.

Dalam sambutannya, Duta Besar Ridwan Hassan menyampaikan bahwa salah satu tujuan pameran ini adalah untuk memberikan alternatif kepada para calon mahasiswa yang berada di Qatar tentang pilihan-pilihan studi di Indonesia.

Sebab, menurut dia, Indonesia ke depan akan memainkan peran penting di berbagai bidang.

“Oleh karena itu, dengan menempuh studi di Indonesia, maka kita akan bersiap menjadi pemain yang diperhitungkan di dunia,” kata Dubes Ridwan Hassan dalam keterangan pers, Minggu (12/5/2024).

Baca juga: Pameran Pendidikan IIETE Siap Digelar Akhir Februari 2024

KBRI Doha menggelar The First Indonesian Education Expo di Qatar pada 11-12 Mei 2024.Dok. KBRI Doha KBRI Doha menggelar The First Indonesian Education Expo di Qatar pada 11-12 Mei 2024.

Sementara itu, Ali Murtado sebagai PF Pensosbud sekaligus penanggung jawab pameran mengatakan, dengan pameran ini, diharapkan terjalin sinergi di antara universitas untuk mempromosikan program yang menjadi kekuatan masing-masing.

"Saat yang sama, para diaspora, baik WNI maupun warga negara asing lainnya, juga memiliki kesempatan untuk membandingkan universitas-universitas terbaik di Tanah Air,” ucap Ali Murtado.

Untuk memanfaatkan momen pameran, sejumlah universitas yang mengikuti perhelatan ini melakukan one-on-one session dengan para calon mahasiswa.

Selain itu, ada juga kesempatan untuk menjalin jejaring dengan mitra universitas lokal di Qatar.

Dalam menyelenggarakan pameran ini, KBRI Doha mendapatkan dukungan penuh dari Kemendikbud Ristek RI serta Kementerian Pendidikan dan Pengajaran Tinggi Qatar.

Baca juga: Rektor Universitas Terbuka Gaungkan Transformasi Digital pada World Digital Education Conference di China 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com