Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Dasawarsa UT, Rektor: Jangan Sampai UKT Marjinalkan Akses Pendidikan Tinggi

Kompas.com - 21/05/2024, 17:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat mengingatkan, jangan sampai tingginya UKT (Uang Kuliah Tunggal), yang kini viral menjadi polemik, menjadi "batu sandungan" bagi masyarakat memiliki akses terhadap pendidikan tinggi.

Hal ini ditegaskan Rektor UT dalam pembukaan dies natalis ke-40 yang secara resmi dibuka pada 20 Mei 2024 menuju puncak peringatan di bulan September 2024. Dies Natalis tahun ini, UT mengangkat tema besar "UT Hadirkan Pendidikan Tanpa Batas".

"Kita sudah berjanji tidak akan menaikan UKT. Malah dengan semakin banyak mahasiswa, UKT UT semakin turun. Itu lah pentingnya pendidikan yang memiliki keberpihakan kepada masyarakat," ungkap Prof. Ojat.

"Tidak boleh ada masyarakat Indonesia, warga kita yang termarjinalkan, tidak mempunyai kesempatan masuk perguruan tinggi gara-gara kendala ekonomi," tegas Prof. Ojat.

Rektor UT kembali menegaskan, pihaknya berkomitmen menjadi perguruan tinggi negeri yang inklusi dan menjadi solusi bagi masyarakat dalam mengakses pendidikan tinggi yang terjangkau.

Di sisi lain, Prof. Ojat menyampaikan dies natalis ke-40 menjadi momentum bagi UT untuk terus berinovasi menjadikan diri sebagai pelopor perguruan tinggi pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi terdepan.

"Ini menjadi wajah baru, hidup baru, UT sebagai PTN-BH lebih menekankan pada penerapan teknologi di mana UT sebagai perguruan tinggi terdepan dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh yang sangat kental dengan teknologi," ungkap Prof. Ojat.

"UT harus one step ahead (terdepan) dalam penerapan teknologi," tegasnya lagi.

Nantinya kegiatan dies natalis ke-40 akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari webinar dan konferensi internasional, pengukuhan guru besar, deklarasi Zona Integritas WBK, pemecahan rekor MURI, temu figur publik, gerak jalan sehat, festival, gerakan sadar lingkungan, kegiatan sosial, hingga UT Award.

Baca juga: Dies Natalis ke-74, UGM Bergerak Menuju Intelligent University

Pembukaan Disporseni 2024 UT

Salah satu kegiatan, Disporseni (Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga, dan Seni Nasional) secara resmi dibuka bersamaan dengan pembukaan dies natalis ke-40 UT. Disporseni UT tahun ini mengusung tema "Harmoni dalam Spotifitas, Kreativitas, dan Intelektualitas".

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com