Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Lebih Banyak Lahirnya "StartUp", PresUniv Gelar "The 3rd ES Expo 2024"

Kompas.com - 21/05/2024, 14:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) menggelar "The 3rd ES Expo: Business Project Exhibition" sebagai salah satu upaya mendorong lebih banyak lahirnya entrepreneur muda dan juga perusahaan rintisan (startup) Indonesia.

Pameran diadakan pada 14-15 Mei 2024 di President University Convention Center, Jl. H. Usmar Ismail, Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi.

Kegiatan yang merupakan bagian dari mata kuliah Economic Survival (ES) diharapkan dapat  mendidik mahasiswa memahami konteks antara materi kuliah dalam kelas dan implementasinya.

"Jadi, pemahaman terhadap konteks sangat penting. Dengan memahami konteks, mahasiswa lebih mampu menerapkan pengetahuan yang dipelajarinya," jelas Adhi Setyo Santoso, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset dan Inovasi (21/5/2024).

"Selain itu, lewat memahami konteks, mahasiswa pun mampu mengambil keputusan dengan lebih baik dan lebih relevan baik untuk dirinya maupun lingkungannya," tambahnya. 

Lebih jauh Adhi menjelaskan, seiring perkembangan teknologi perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang kemampuannya terus meningkat. “Setiap perusahaan pasti ingin merekrut calon pegawai dengan kemampuan terbaik,” ucapnya.

Katanya lagi, sekarang perusahaan tidak lagi mencari lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi. “Bukan itu yang diperlukan perusahaan. Sekarang yang dicari adalah lulusan yang memiliki keterampilan, dan itu harus sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja,” ungkap Adhi.

Mendorong kewirausahaan dan perusahaan rintisan

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Presuniv memperkenalkan mahasiswa dengan salah satu program pada mata kuliah ES, yakni Internship Experience atau IE. Melalui ES, Presuniv mendorong mahasiswa sedini mungkin terekspos berbagai konteks dalam kewirausahaan.

Untuk itu dalam mata kuliah ES, Presuniv memfasilitasi mahasiswanya guna mengembangkan berbagai proyek bisnis dari gagasan mereka sendiri. Proyek-proyek bisnis itulah yang mereka tunjukkan pada pameran hasil karya di ajang The 3rd ES Expo: Business Project Exhibition.

Baca juga: Telkomsel Gelar NextDev Summit 2024, Dukung Startup Berdampak Positif

Adhi berharap kelak proyek-proyek tersebut bisa menjadi bisnis yang dikelola oleh para mahasiswa.

“Penting bagi para mahasiswa untuk bisa mendapatkan penghasilan sedini mungkin. Ini akan membuat mereka siap menghadapi gejolak ketidakpastian ekonomi sebagaimana kita alami semasa pandemi Covid-19,” katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com