Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Program Prioritas Kemenag bagi Guru dan Tendik 2024, Salah Satunya Insentif

Kompas.com - 30/05/2024, 10:13 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) memiliki tujuh program prioritas buat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di madrasah.

Melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, tujuh program ini merupakan terobosan agar dapat hadir nyata di tengah masyarakat.

Direktur GTK Madrasah, Thobib Al Asyhar, menyampaikan program prioritas tersebut akan dilaksanakan sebagai bentuk kehadiran di tengah masyarakat.

Baca juga: Beasiswa bagi Guru ke Jepang 2023, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

"Rakor GTK Madrasah ini diharapkan sebagai media konsolidasi untuk mengidentifikasi seluruh permasalahan GTK dan kita akan urai satu persatu. Kami berharap masing-masing provinsi menyampaikan seluruh masalahnya untuk dikompilasi secara nasional dan akan dipetakan bersama mana skala prioritas yang harus dibereskan," Ujarnya, dilansir dari laman Kemenag.

7 program Kemenag buat guru dan GTK madrasah

1. Transformasi digital

Pertama, Transformasi Digital Layanan GTK. Program ini diwujudkan dalam bentuk sajian data GTK berbasis GIS (Geographic Information System) yang terintegrasi, program serial info GTK berbasis Media, program pengawasan madrasah berbasis digital, peningkatan kompetensi GTK melalui MOOC dan LMS.

Baca juga: Kuota CPNS 2024 Kemendikbud, Kemenag dan Kemenkes bagi Fresh Graduate

2. Tata kelola madrasah

“Kedua, penataan tata kelola administrasi GTK Madrasah. Hal ini dilakukan untuk memastikan sistem pemberian rekomendasi usul mutasi guru dan redistribusi guru berbasis analisis kebutuhan lapangan, serta sertifikasi melalui uji kompetensi Guru dan Pengawas,” sebut Thobib.

3. Peningkatan kompetensi madrasah

Ketiga, peningkatan kompetensi GTK, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), program beasiswa guru melalui BIB-LPDP, asesmen kompetensi GTK (AKGTK), program pengembangan madrasah pandai berhitung, serta program pengembangan wawasan inklusi bagi guru.

4. Pengembangan anak

Keempat, program pengembangan anak usia dini holistik integratif dengan melakukan Bimtek penguatan pengembangan PAUD HI dan piloting pembentukan ekosistem PAUD HI.

Baca juga: Guru Non-ASN Bisa Terima Bantuan 2 Kali Setahun, Cek Besarannya

5. Akselerasi wilayah 3T

Kelima, program akselerasi GTK Wilayah 3T yang dilakukan dalam bentuk penyiapan modul pengembangan kompetensi guru di wilayah 3T dan pelatihan guru dan tenaga kependidikan madrasah di wilayah 3T.

6. Kesejahteraan guru

“Keenam, kesejahteraan guru dan tendik madrasah dilakukan melalui program sertifikasi dan inpassing guru dan program pemberian insentif dan BPJS Ketenagakerjaan bagi Tendik madrasah,” papar Thobib.

7. Program kerjasama GTK

Ketujuh, program kerjasama GTK melalui program Pandu Digital bagi Guru Madrasah Bersama Kominfo dan Diklat bagi Kepala Madrasah dan Pengawas dengan Pusdiklat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com