Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar PKN STAN Tidak Wajib Pakai Nilai UTBK 2024 Khusus Jalur Ini

Kompas.com - 23/05/2024, 08:07 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Seperti diketahui bahwa salah satu syarat mendaftar PKN STAN 2024 adalah memiliki nilai UTBK 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Pendaftaran PKN STAN 2024 sudah dibuka sesuai informasi resmi dari akun Instagram PKN STAN.

Sehingga lulusan SMA/SMK yang mau mendaftar di PKN STAN tahun ini, bisa mempersiapkan semua persyaratannya.

Namun apakah nilai UTBK 2024 merupakan syarat wajib bagi pendaftar di semua jalur?

Dilansir dari laman resminya, ternyata nilai UTBK 2024 bukan menjadi syarat wajib untuk mendaftar PKN STAN 2024. Pendaftar dari jalur regular B tidak wajib menyertakan nilai UTBK.

Baca juga: Syarat Akademik Daftar Sekolah Kedinasan STMKG, Lulus Jadi PNS di BMKG

Nilai UTBK 2024 tidak wajib bagi pendaftar jalur reguler B

Lantas apa yang dimaksud dengan jalur regular B dalam pendaftaran PKN STAN 2024? Simak penjelasannya mengenai jalur masuk PKN STAN 2024 beserta kuotanya untuk masing-masing jalur.

Jalur Penerimaan mahasiswa baru PKN STAN terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Afirmasi Kewilayahan, dan Jalur Pembibitan.

1. Jalur Reguler

Jalur Reguler terdiri dari Jalur Reguler A dan Jalur Reguler B.

a. Jalur Reguler A adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama seperti Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

b. Jalur Reguler B adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas yang pada tahun 2023 menjadi finalis pada lomba Olimpiade APBN atau Bedah Data APBD yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

Kuota untuk jalur reguler baik A maupun B adalah sebanyak 417 dengan rincian kuota per program studi (prodi) juga berbeda-beda.

2. Jalur Afirmasi Kewilayahan

Jalur Afirmasi Kewilayahan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru khusus untuk lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama seperti Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat dari wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah afirmasi untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah diutamakan pada wilayah afirmasi tersebut. Daftar wilayah afirmasi dan pembagian alokasi terlampir.

Jaur afirmasi kewilayahan pada pendaftaran PKN STAN 2024 punya kuota sebanyak 105 orang.

Baca juga: Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat, Referensi Daftar Tahun 2024

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com