Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan Teknologi, UMJ Gelar Seminar Nasional Teknologi dan ICE CREAM 2024

Kompas.com - 03/05/2024, 11:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Pertanian (FTan) menggelar Seminar Nasional dan Teknologi Tahun 2024 (Semnastek 2024) dan  International Conference On Engineering, Construction, Renewable Energy, And Advanced Materials (ICECREAM) 2024 secara hibrid via Zoom dan di Aula Djoenda FT UMJ, Selasa (30/04/2024).

Forum ini mengangkat tema "Synergizing Sustainable Technologies Towards Resilient Future" ini menjadi ajang mengoptimalkan teknologi yang ada saat ini tanpa menghilangkan roh engineering yakni sains dan teknologi.

Wakil Rektor I UMJ, Muhammad Hadi memberikan apresiasi pada kegiatan FT dan FTan karena kedua fakultas memiliki bidang ilmu saling berkaitan. “Ini merupakan suatu keselarasan antara Visi UMJ dengan akreditasi Unggul yang diraih," ungkapnya.

"Tentunya orientasi akreditasi Unggul adalah bagaimana pengembangan keilmuan ini dapat berorientasi pada lingkup internasional dan alhamdulillah mitra yang menjalin dalam forum ini adalah di tingkat internasional,” ujar Hadi.

Dia berharap ke depan FT dapat berkolaborasi dengan fakultas lain, tidak hanya dengan FTan saja tetapi dengan fakultas yang saling berkaitan keilmuannya, terutama fakultas kesehatan karena saat ini teknologi sudah merambat ke berbagai aspek.

Misalnya terkait AI, Robotic, engineering dan lainnya, karena apapun aktivitas keilmuan selalu membutuhkan teknologi, serta ke depannya FT dapat melibatkan perwakilan dari berbagai benua di dunia.

Dekan FT UMJ Irfan Purnawan menjelaskan, mengatakan bahwa forum Semnastek sudah berlangsung sembilan kali sedangkan ICECREAM ketiga kali.
Menurutnya kolaborasi kedua fakultas akan dapat dilanjutkan bersama fakultas lain di kemudian hari, baik di fakultas UMJ maupun kampus lain dengan harapan FT UMJ bisa melebarkan sayap baik di dalam maupun luar negeri.

"Ada yang berbeda juga dengan Semnastek dan ICECREAM kali ini yaitu adanya kegiatan lomba untuk mahasiswa serta siswa. Jadi bukan hanya dosen yang mempunyai wawasan global tentang keteknikan, tetapi juga mahasiswa dengan kompetensinya untuk dikompetisikan," jelas Irfan.

"Untuk siswa, tentunya menjadi ajang promosi bagi kami sehingga kelak mereka dapat memilih FT dan FTan di UMJ untuk berkuliah dan sukses bersama,” tambah Irfan.

Dekan FTan UMJ Sularno menuturkan jika kerja sama yang dijalin kedua fakultas merupakan suatu kewajiban dan keharusan, karena dunia pertanian tanpa perkembangan teknologi pasti akan ketinggalan zaman.

“Kami berterima kasih karena telah digendong oleh FT sehingga kami dapat menggunakan teknologi baru, terlebih FTan UMJ yang bergerak di bidang urban farming," ungkap Sularno.

"Kami merasa diuntungkan karena akan mengadopsi teknologi-teknologi dari FT demi kemajuan bersama, paling tidak dari elektro, kemudian kerja sama dengan kimia yang mana dua-duanya ini dapat dikolaborasikan dengan baik,” ucap Sularno.

“Ke depannya sains ini bisa dikembangkan dan tidak boleh ditinggalkan sehingga UMJ ini terus berkemajuan apalagi sekarang UMJ sudah berakreditasi Unggul. Kolaborasi dari ketiga kelompok keilmuan yaitu sosial humaniora, sains, dan kesehatan,” tegas Sularno.

Ketua Panitia Semnastek dan ICECREAM 2024, Renty Anugerah Mahaji Puteri menjelaskan, kurang lebih 96 makalah sudah terjaring.

“Ada 62 paper untuk Semnastek dalam Bahasa Indonesia dan selebihnya 34 paper untuk ICECREAM dalam Bahasa Inggris. Ciri khas papper tersebut berkaitan dengan ilmu keteknikan dan juga ilmu pertanian Jadi tidak hanya fokus pada bidang engineering saja, tetapi berkaitan juga dengan bidang agrikultur,” jelasnya.

“Walaupun selalu ada peningkatan dari berbagai aspek, tapi kami harap untuk tahun depan ada hal-hal baru yang bisa dimunculkan. Tidak hanya penambahan dari sisi kompetisi karya tulis ilmiah dan poster seperti tahun ini saja, tetapi memungkinkan ada lomba dari hasil kolaborasi dalam hal kompetisi tertentu di bidang-bidang yang terkait,” pungkas Renty.

Semnastek dan ICECREAM 2024 menghadirkan pembicara kunci berasal dari lima negara yakni Prof. Alberto (Univeristy of Manchester), Prof. Kubilay Kurtulus Bastas (Selcuk University Konya, Turkiye), Priyatno Bambang Hernowo (Ketua PII DKI Jakarta), Prof. Hazima Bin Wan Ibrahim (Universiti Tun Hussein Onn, Malaysia), dan Assoc. Porf. Muhammad Aziz (University of Tokyo, Japan).

Baca juga: Peringati Hari Kartini Ke-145, Pemkab Klaten Gelar Seminar Kesehatan untuk Perempuan

Selain keynote speech, seminar juga menghadirkan co-host untuk membuka sesi invited speaker dari berbagai kampus-kampus di Indonesia.

Invited speaker ini diisi Prof. Siti Jamilatun (Universitas Ahmad Dahlan), Prof. Erna Yuliwati (Universitas Muhammadiyah Palembang), Atie Tri Juniati (Universitas Pancasila), Prof. Rusdianasari (PII Palembang), dan Agus Aktawan (Universitas Ahmad Dahlan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com