Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagi Inspirasi, IKJ Gelar Seminar Nasional "Seni Rupa Pusaran Urban III"

Kompas.com - 07/11/2023, 07:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Kesenian Jakarta melalui Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) menggelar Seminar Nasional Pusaran Urban III pada 6 November 2023 dengan mengusung tema utama "Ingatan dalam Hibriditas Karya Seni dan Desain".

Seminar Nasional Pusaran Urban III 2023 menghadirkan beberapa pembicara utama, yakni: Prof. I Wayan Adnyana (Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar), Lucky Wijayanti (Dosen FSRD IKJ), Rohmad Taufik (Komunitas Seni Toreh Art Kalimantan Timur), Citra Smara Dewi (Kurator Galeri Nasional Indonesia), dengan moderator Ika Yuni Purnama.

Dekan FSRD Anindyo Widito dalam sambutan pembukaan menyampaikan, Seminar Nasional Pusaran Urban III mengemban beberapa tujuan penting, di antaranya berbagi pengetahuan dan temuan terbaru, menggali isu-isu penting, serta mendorong ruang diskusi.

"Seminar Nasional Pusaran Urban III menciptakan kesempatan bagi para peserta untuk membangun jaringan profesional dengan orang-orang dalam disiplin ilmu yang sama atau terkait," jelas Anindyo Widito.

"Ini dapat mengarah pada kolaborasi penelitian dan proyek bersama di masa depan," tambahnya.

Anindyo Widito juga mengungkapkan, salah satu tujuan penting dari Seminar Nasional Urban III adalah memberikan inspirasi kepada peserta untuk berpikir kreatif, mendorong inovasi, dan mengembangkan ide baru yang bisa membentuk masa depan bidang ilmu atau industri.

Baca juga: Gelar Pameran di Turki, PPI Istanbul Kenalkan Seni Budaya Indonesia

"Akhirnya, tujuan utama dari Seminar Nasional Pusaran Urban III adalah memajukan bidang ilmu atau industri tertentu, memberikan kontribusi pada penelitian dan praktik terbaik, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan melalui pengetahuan dan inovasi," jelasnya.

Hibriditas Karya Seni dan Desain 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com