Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa ITB Raih Emas di Kompetisi Robot Terbang Internasional 2024

Kompas.com - 27/04/2024, 14:30 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih medali emas pada kompetisi Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC) 2024 di Senayan Center Singapore yang berlangsung pada 20 Maret hingga 2 April 2024.

Tim yang diberi nama Aksantara itu menunjukkan kemampuannya untuk mengontrol tiga drone sekaligus secara bergantian hanya dengan satu remote.

"Kemenangan ini bisa menjadi semangat baru untuk terus berkembang dan melakukan berbagai inovasi kesempatan berikutnya," kata Ketua Tim Aksantara Fathiya Amani Shabira dikutip dari laman resmi ITB, Rabu (24/4/2024).

Baca juga: Beasiswa S1 Gratis ke Jepang Dibuka, Ada Uang Saku Rp 12 Juta

Atas penampilannya di kompetisi itu, Tim Aksantara juga berhasil dinobatkan sebagai Best International Team atau Tim Internasional Terbaik.

Fathiya pun berharap, prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim, tetapi juga bagi Indonesia dan bisa menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi dan membawa nama baik bangsa di kancah internasional.

Adapun Tim Aksantara terdiri dari Fathiya Amani Shabira, Pramadipa, Fatimah Nadine Jaya, Muhammad Mumtaz, Raditya Naufal Abiyu.

Benda Sindia, Muhammad Athallah Naufal, Nicklaus Cristian Tjahja, Muhammad Handi, Andi Almirah Azaria, Farhan Dwiprana Bhagaskara.

Atur Mordahai Octobryant, Bhimo Basil Baridwan, Jeffrey Sirait, M. Zahid Farrel F, Marcellus Mario Lukman, Hafizh Renanto Akhmad, George Daniel Nugroho, dan Adrian Fahri Affandi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, Unair, UGM, Unpad, Unhas 2024

Hari penyerahan penghargaan kompetisi dilangsungkan pada Sabtu (6/4/2024) di Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Acara tersebut dihadiri oleh dosen dari SUTD, Duta Besar Indonesia di Singapura, Suryopratomo, dan juga Senior Minister of State for Defence Singapore, Mr. Heng Chee How.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com