Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Peduli Lingkungan, Untar Tanam 650 Bibit Mangrove dan Bersihkan Sampah Pantai Tanjung Pasir

Kompas.com - 07/05/2024, 12:57 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) berkolaborasi dengan Seasoldier Foundation menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon mangrove dan pembersihan sampah di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang, Selasa (30/4/2024).

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) serta kontribusi Untar terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-14 (Kehidupan di Laut) dan ke-15 (Kehidupan di Darat).

“Untar senantiasa mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang selalu digaungkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya penanaman mangrove dan pembersihan sampah di pantai,” ujarnya dalam siaran pers.

Pada kegiatan itu, Untar dan Seasoldier menanam Sebanyak 650 bibit mangrove dan memberishkan sampah di Pantai Tanjung Pasir.

Agustinus berharap, kontribusi Untar dalam kegiatan tersbeut mampu menginspirasi dan mengedukasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

Baca juga: Untar Kenalkan Batik dan Tarian Tradisional ke Mahasiswa FPT University Vietnam

“Semoga kehadiran Untar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, serta mendorong masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar,” katanya.

Sementara itu, Ketua Seasoldier Dinni Septianingrum mengapresiasi kontribusi Untar dalam melestarikan lingkungan. 

Ia berharap, Untar maupun perguruan tinggi lainnya dapat rutin melaksanakan kegiatan serupa demi bumi yang lebih baik.

“Jangan berhenti di sini, mari kita terus bergerak untuk melestarikan bumi kita,” tuturnya.

Pada kesmepatan itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar Yehezkiel Imanuel mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. 

Perwakilan mahasiswa yang juga penggiat alam itu berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kehidupan alam dan manusia.

Baca juga: Ikut EURIE 2024, Kemendikbud Gandeng Untar Jadi World Class University

“Tanaman mangrove dapat membantu mengurangi banjir dan abrasi sehingga selain bermanfaat untuk ekosistem dan dapat bermanfaat juga bagi orang-orang yang tinggal di sekitar pantai,” ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti dosen, mahasiswa, dan karyawan Untar tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-65 Untar.

Untuk diketahui, Seasoldier Foundation merupakan organisasi independen yang berfokus pada konservasi lingkungan. 

Organisasi yang didirikan Nadine Chandrawinata dan Dinni Septianingrum pada 2015 itu menggunakan media sosial dan aksi nyata untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli lingkungan. 

Baca juga: Untar Raih 8 Penghargaan di Rakorda 2024 LL Dikti III, Salah Satunya PTS dengan Publikasi Terbaik 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com