Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Indonesia Raih Emas Kompetisi Internasional Matematika dan Bahasa Inggris

Kompas.com - 23/04/2024, 13:58 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Dua pelajar Indonesia berhasil meraih medali emas di kompetisi matematika dan bahasa Inggris di Sydney, Australia.

Pelajar tersebut adalah Ronald Rauf Nurima dan Rezvan Arshaq Ardana. Mereka mendapat medali emas dari ajang yang berbeda.

Ronald yang merupakan siswa kelas X Sekolah Insan Cendekia Madani, meraih medali emas dalam kompetisi The International Mathematics Exam Center (IMEC) 2024.

Baca juga: 10 Beasiswa S1-S3 yang Dibuka Setelah Lebaran, Tunjangan Besar

Sementara Rezvan, siswa kelas VII dari sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta berhasil mendapat medali emas dari kompetisi The Junior English Olympiad (JEO).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Mukhamad Najib menilai, prestasi tersebut merupakan hal yang membanggakan Indonesia.

Ia yakin, para siswa yang mengikuti kegiatan di ajang internasional akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, salah satunya adalah rasa percaya diri yang semakin tinggi.

"Hal ini membuktikan bahwa pelajar Indonesia memiliki kemampuan yang tidak kalah dari pelajar di negara maju seperti Australia dan Inggris," kata Najib dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Intip Beasiswa Terfavorit ke Berbagai Benua, Chevening hingga GKS

"Kemenangan ini tentu dapat menjadi modal untuk bisa tampil lebih percaya diri sebagai anak Indonesia masa depan yang maju," lanjut dia.

Senada dengan Najib, Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Sydney, Abdul Nazar, juga memberikan apresiasi atas prestasi yang telah dicapai kontingen Indonesia di kompetisi matematika dan bahasa Inggris.

Nazar berharap kedepannya akan lebih banyak lagi para pelajar Indonesia yang dapat meraih prestasi internasional pada masa depan.

"Menurut Nazar, lomba semacam ini dapat menjadi ajang untuk membangun jaringan dan kerja sama antarsekolah di Indonesia dan Australia maupun negara lainnya," ucap Nazar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com