Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atma Jaya Bangun Kampus di BSD sebagai Pusat Keunggulan Pendidikan

Kompas.com - 25/04/2024, 18:21 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Atma Jaya ingin jadikan kampusnya di wilayah BSD sebagai pusat keunggulan pendidikan khususnya di bidang teknik.

Ketua Yayasan Atma Jaya Linus M. Setiadi mengatakan, hal itu merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk menjadi universitas unggul di kawasan Asia.

"Keputusan Yayasan Atma Jaya agar kampus Atma Jaya BSD menjadi pusat perkuliahan pendidikan jenjang strata satu dari seluruh fakultas yang dimiliki oleh universitas," kata Linus di Kampus Atma Jaya BSD, Tangerang, Selasa (24/4/2024).

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2024, SPI Termurah Rp 20 Juta

Menurut Linus, keinginan menjadi pusat keunggulan pendidikan akan membuat pengembangan kurikulum, research, dan pengabdian masyarakat bisa menjadi lebih fokus dan terdepan.

Pengembangan ini, tambah dia, juga akan memerlukan banyak kerja sama, dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki semangat dan visi dalam memajukan pendidikan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Atma Jaya Prof. Yuda Turana mengatakan, predikat unggul yang diperoleh Atma Jaya akan terus dikembangkan.

Tidak hanya dalam hal kualitas pendidikan berskala internasional, tetapi juga perluasan fasilitas pendidikan seperti yang ada di kampus BSD.

"Lahan yang luas, infrastruktur yang modern dan lengkap, pengembangan kawasan perkotaan, dan pertumbuhan penduduk menjadi beberapa faktor-faktor penetapan kampus BSD sebagai pusat keunggulan pendidikan Atma Jaya kedepannya," ujarnya.

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1, Kuliah Gratis sampai Lulus

Prof. Yuda menjelaskan, kampus BSD memiliki berbagai peminatan misalnya AI, robotik, energi terbarukan atau konversi energi, teknik kedokteran, teknobiologi kesehatan. Setiap peminatan atau program studi di Atma Jaya tentunya didukung oleh para pendidik dan peneliti tingkat internasional dan laboratorium mutakhir.

Fasilitas laboratorium di Kampus Atma Jaya BSD setidaknya memiliki 22 laboratorium untuk Fakultas Teknik, 10 laboratorium untuk Fakultas Teknobiologi, dan dua pusat riset.

Semua fasilitas difokuskan agar dapat melahirkan karya dan prestasi mahasiswa skala nasional maupun internasional, seperti yang terjadi di Fakultas Teknik, khususnya program studi Teknik Mesin.

Pada program studi itu, mahasiswa melakukan pengembangan pembuatan gokart dan telah berhasil memenangkan kejuaraan balap gokart skala nasional.Prof. Yuda menambahkan, kampus Atma Jaya BSD juga berdiri di atas lahan seluas 20 hektar, dan telah dilengkapi dengan berbagai teknologi modern.

Baca juga: Cek Rincian Biaya Kuliah UMY 2024/2025

"Salah satu pusat riset yang dimiliki kampus Atma Jaya BSD adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Tempe," tuturnya.

"Pusat riset ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi hayati yang ada dan dikembangkan melalui kajian bioteknologi. Salah satu hasilnya yaitu agar menghasilkan produk," ucap Prof. Yuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com