Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Harus Punya Kemauan Ingin Maju

Kompas.com - 07/05/2024, 17:05 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Suharti, mengajak mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk memiliki kemauan yang kuat demi masa depan yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Suharti dalam kegiatan Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah tahun 2024 yang diselenggarakan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek beberapa waktu lalu.

"Mahasiswa penerima KIP Kuliah harus punya kemauan ingin maju, kemauan ingin berubah, I can do it, you can do it," kata Suharti dikutip dari laman resmi Puslapdik, Selasa (7/5/2024).

Suharti mengajak para mahasiswa untuk meraih mimpi dan menggapai masa depan yang hanya bisa terwujud melalui kemauan, tekad baja, dan kerja keras.

Baca juga: Bolehkah Penerima KIP Kuliah Bekerja Freelance atau Part Time?

Mahasiswa penerima KIP Kuliah bisa jadi pemimpin negara

Ia juga mengingatkan, bahwa segala sesuatu terjadi karena kerja keras sendiri dan terus menghargai cita-cita dan mimpi lalu wujudkan dengan aksi dengan tindakan.

"Saya dulu bisa dengan keterbatasan yang luar biasa jaman dulu, kalian juga pasti bisa," ujarnya.

Suharti juga berharap ada diantara mahasiswa penerima KIP Kuliah saat ini kedepannya ada yang menjadi pemimpin negara.

Oleh karena itu, penting sekali untuk belajar kepemimpinan dan berorganisasi, serta melakukan kegiatan olahraga atau berkesenian.

"Engga gampang kuliah itu, tapi dengan kebijakan-kebijakan sekarang, dengan adanya MBKM, mahasiswa bisa memilih apa kegiatan yang disukai dan diminati sesuai passionnya," jelas Suharti.

Baca juga: Tips Kelola Uang KIP Kuliah ala Mahasiswa Unair, Jangan Pegang ATM

Pentinya membangun jaringan

Dalam kesempatan yang sama, penerima program bantuan Bidikmisi tahun 2011 di program Studi Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deny Setyo Wibowo mengingatkan pentingnya peserta KIP Kuliah atau Bidikmisi untuk membangun relasi.

Menurut Deny, relasi akan membuka peluang kesuksesan lebih luas untuk peserta KIP Kuliah dan Bidikmisi di dunia kerja ataupun saat kuliah.

"Ini saya alami sendiri, mendapat pinjaman buku dari teman agar bisa ikut tes masuk perguruan tinggi. Begitu juga saat buka usaha petshop dam klinik hewan, dapat pinjaman modal barang dari teman," kata Deny.

Selain itu, Deny juga meyakini, bahwa kesuksesan itu akan datang ketika siap bertemu dengan kesempatan.

Baca juga: Viral Mahasiswa KIP Kuliah Bergaya Hidup Mewah, Kemendikbud Jelaskan Aturannya

"Kita tidak tahu kapan kesempatan itu tiba, tapi ketik kesempatan itu menghampiri, kita harus sudah siap menerimanya, kuncinya lakukan terus belajar, belajar dan belajar sehingga kita siap kapanpun," pungkas Deny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com