Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jalur Mandiri UM Tahun 2024, Ada yang Pakai Skor UTBK

Kompas.com - 27/04/2024, 19:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Malang (UM) membuka enam jalur mandiri pada tahun 2024 ini.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd mengatakan tahun ini ada banyak peningkatan mahasiswa baru lewat jalur mandiri 2024.

"Kami juga bersyukur kemudian bahwa Dirjen Kemendikbud Ristek menyetujui penambahan kuota kami. Kalau di tahun lalu kami baru bisa memberikan layanan kepada penerimaan mahasiswa dari semua jalur sebanyak 8.500, tetapi sekarang mungkin akan bertambah sekitar 11.500 dengan beberapa prodi yang baru," kata Rektor UM, dilansir dari laman UM, Sabtu (27/4/2024).

Ia mengatakan, hal ini merupakan sebuah kesempatan bagi UM untuk dapat membuka tambahan kuota agar dapat dimanfaatkan tanpa mengorbankan kualitas. Terutama dari kualitas seleksi layanan.

"Karena kami ingin alumni UM mampu menjadi alumni yang berkualitas," kata dia.

Baca juga: Catat Tanggal Penting Jalur Mandiri UI, ITB, IPB, dan UGM 2024

Dalam jalur mandiri UM kali ini, calon mahasiswa juga bisa memilih beberapa prodi baru yang dibuka UM. Contohnya S1 Hukum, S1 Pariwisata, S1 Aktuaria, dan S1 Arsitektur dan program studi baru lainya. 

6 jalur mandiri UM 2024

Berikut jalur seleksi mandiri untuk program Diploma (D3) dan Sarjana (S1):

1. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

2. Seleksi Mandiri Berbasis Skor UTBK-SNBT

3. Seleksi Mandiri Jalur Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK)

4. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan Umum

5. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan Lembaga

6. Seleksi Mandiri Jalur Leadership

Pada salah satu informasi terkait jalur mandiri berbasis skor UTBK SNBT 2024, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UM, Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd. menyampaikan beberapa hal.

“Peserta calon mahasiswa baru, melampirkan Kartu peserta SNBT UTBK 2024. Kartu peserta SNBT UTBK 2024 itu yang di scan dan dimasukkan oleh kami nanti yang akan melacak skor SNBT UTBK peserta calon mahasiswa berapa. Skornya akan bisa kita tarik langsung dari pusat untuk bisa menentukan urutannya," ungkap dia.

Baca juga: 8 PTN yang Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 2024, Catat Jadwalnya

Dengan hadirnya pembukaan jalur mandiri di UM, diharapkan calon mahasiswa baru dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk mewujudkan impian menjadi bagian dari keluarga besar khususnya mahasiswa UM tahun 2024.

Hal ini merupakan langkah yang menunjukkan komitmen UM dalam memberikan kesempatan lebih luas bagi para calon mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi dan minat mereka. Serta menjadi bagian dari lingkungan pendidikan yang inklusif dan beragam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com