Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDB 2024 Kota Bandung, Perhatikan Jalur, Syarat hingga Alur Daftarnya

Kompas.com - 09/05/2024, 07:45 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tahapan PPDB 2024 Kota Bandung jenjang SD dan SMP sudah dimulai. Tahap awal PPDB 2024 Kota Bandung dimulai dengan pendataan secara manual melalui wali kelas atau mandiri.

Sedangkan pendaftaran calon peserta didik oleh wali kelas atau mandiri baru dimulai pada 27 Mei mendatang.

Orangtua dan siswa yang mau mendaftar di PPDB 2024 Kota Bandung untuk jenjang SD dan SMP, perlu tahu alur pendaftaran yang harus dilalui.

Dilansir dari Juknis PPDB Kota Bandung 2024, berikut alur pendaftaran hingga syarat untuk mendaftar.

Baca juga: PPDB Sumut 2024 Jenjang SMA/SMK, Cek Jadwal dan Syarat Semua Jalur

Jalur PPDB 2024 Kota Bandung

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun ajaran 2024/2025 dilaksanakan melalui 4 jalur yaitu:

a. Afirmasi

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu atau RMP dan penyandang disabilitas atau peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).

b. Zonasi

  • Diperuntukkan bagi Calon Peserta Didik yang berdomisili di dalam Wilayah Zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah Kota.

c. Perpindahan Tugas Orangtua/ Wali

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik Calon Peserta Didik ketika lokasi pekerjaan orangtua/wali dipindah tugaskan dari luar daerah kota ke daerah kota dan dapat digunakan untuk calon peserta didik anak guru/tenaga kependidikan dengan memprioritaskan calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali mengajar/bekerja.

d. Prestasi

  • Diperuntukan bagi Calon Peserta Didik Baru berdasarkan prestasi yang dicapai Peserta Didik melalui Nilai rapor atau prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.


Baca juga: Catat Jadwal PPDB 2024 Kota Bandung SD-SMP untuk Semua Jalur

Persyaratan PPDB 2024 Kota Bandung

Persyaratan umum mengikuti PPDB 2024 Kota Bandung terdiri dari :

  • Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir Calon Peserta Didik;
  • Kartu Keluarga; dan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua.

Sedangkan syarat khusus mendaftar PPDB 2024 Kota Bandung antara lain:

  • Bagi calon Peserta Didik jalur afirmasi RMP harus terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan atau Data P3KE (Pensasaran Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrim).
  • Bagi calon Peserta Didik jalur afirmasi PDBK dan Calon Peserta Didik dengan usia paling rendah 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2024 melampirkan surat rekomendasi dari tim pengujian (Assesmen Center) Dinas Pendidikan Kota Bandung. Calon peserta didik baru yang telah memiliki rekomendasi dari tenaga ahli (psikolog, dokter, terapis, dan professional lainnya) agar dilampirkan pada saat pengujian.
  • Bagi calon peserta didik jalur zonasi dalam Kota Bandung, Kartu Keluarga dikeluarkan sebelum tanggal 24 Juni 2023. Nama orangtua/wali Calon Peserta Didik Baru yang tercantum pada kartu keluarga harus sama dengan nama orang tua/wali calon peserta didik baru sama dengan nama yang tercantum pada rapor/ijazah jenjang sebelumnya, akta kelahiran, dan/atau kartu sebelumnya sebelumnya.
  • Bagi calon peserta didik jalur perpindahan tugas orangtua/wali melampirkan suratketerangan pindah tugas orangtua/wali yang terbit paling lama 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran PPDB dan dilengkapi dengan surat keterangan pindah domisili dari Dinas Dukcapil.
  • Bagi guru melampirkan Surat Keterangan Belajar Mengajar (SKBM) atau SK pegawai bagi tenaga kependidikan.
  • Bagi Calon Peserta Didik jalur prestasi berdasarkan perlombaan atau penghargaan melampirkan Sertifikat yang dikeluarkan tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan tanggal 31 Desember 2023.
  • Bagi Calon Peserta Didik jalur prestasi berdasarkan nilai rapor menggunakan nilai rapor kelas 4 (empat), 5 (lima) dan semester 1 (satu) kelas 6 (enam) dan surat keterangan peringkat nilai rapor.

Pendaftar dari luar daerah Kota Bandung hanya dapat mendaftar jalur perpindahan tugas orangtua/wali atau jalur zonasi pada sekolah perbatasan.

Alur pendaftaran PPDB 2024 Kota Bandung

Setelah tahu jalur apa saja di PPDB 2024 Kota Bandung hingga persyaratannya, berikut alur pendaftaran PPDB 2024 Kota Bandung yang perlu diperhatikan orangtua dan siswa:

a. Jika dibantu oleh sekolah maka diawali oleh pendataan yang dilakukan wali kelas kepada orangtua calon peserta didik untuk mengumpulkan dokumen persyaratan secara daring atau oleh orang tua secara mandiri;

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com