Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 PTN Buka Jalur Mandiri 2024 Tanpa Tes dan Tanpa Uang Pangkal

Kompas.com - 29/04/2024, 18:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saat ini membuka jalur mandiri tanpa tes dan tanpa uang pangkal.

Jalur mandiri tanpa tes tidak mensyaratkan siswa SMA, SMK, MA melewati tes wawancara, psikotes, maupun tes tulis berbasis komputer. Selain tanpa tes, siswa yang mendaftar tidak dibebankan uang pangkal. 

Uang pangkal ialah besaran iuran bagi kampus yang hanya dipungut lewat jalur mandiri dan dibayar satu kali saja. Masing-masing PTN sendiri memiliki istilah uang pangkal yang berbeda-beda. Misalnya, Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Iuran Pengembangan Institusi (IPI), dan nama lainnya.

Baca juga: 6 Jalur Mandiri UM Tahun 2024, Ada yang Pakai Skor UTBK

Mana saja PTN yang buka jalur mandiri tanpa tes dan uang pangkal? Berikut daftarnya dirangkum dari masing-masing laman kampus.

3 PTN Membuka Jalur Mandiri  2024 Tanpa Tes dan Uang Pangkal

Berdasarkan seleksi tahun 2023, jalur mandiri tanpa tes ini menggunakan seleksi yang beragam. Misalnya seleksi rapor, seleksi prestasi akademik dan non akademik, prestasi sebagai hafiz atau penghafal Al-Quran ataupun bagi anggota atau ketua OSIS. Berikut mana saja PTN yang membuka jalur ini:

1. Universitas Indonesia (UI)

Jalur mandiri di UI tanpa tes yang dibuka ialah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi/pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains (Ipteks), olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat di Sekolah SMA dalam waktu maksimal 3 tahun terakhir.

Baca juga: Catat Tanggal Penting Jalur Mandiri UI, ITB, IPB, dan UGM 2024

UI juga sudah membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa yang mendaftar jalur seleksi mandiri. Mahasiswa jalur mandiri dikenakan biaya kuliah yang sama dengan mahasiswa yang masuk jalur seleksi nasional.

Meski bebas uang pangkal atau IPI, yang membedakan antara mahasiswa jalur seleksi nasional dengan jalur mandiri hanya biaya pendaftaran SIMAK UI.

Persyaratan Jalur Prestasi SIMAK UI

Berdasarkan persyaratan tahun lalu, berikut persyaratan jalur prestasi di UI:

  • Pendaftar merupakan siswa kelas XII SMA/MA/SMK sederajat yang akan dinyatakan lulus pada tahun berjalan.
  • Pendaftar dengan prestasi di bidang sains dan teknologi dapat memilih program studi dalam rumpun saintek (FMIPA, FT, FASILKOM)
  • Pendaftar dengan prestasi di bidang kesehatan dapat memilih program dalam rumpun ilmu kesehatan (FK, FKG, F. Farmasi, FKM, FIK)
  • Pendaftar dengan prestasi di bidang ekonomi dan kewirausahaan dapat memilih program studi dari FEB dan FIA
  • Pendaftar dengan prestasi di bidang seni, bahasa, literasi, keagamaan, dan olahraga dapat memilih program studi dari FIB, FISIP, FH, F. Psikologi
  • Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi.
  • Pendaftar unggah scan rapor (halaman data diri dan nilai pengetahuan semester 1 sampai semester 5) dan sertifikat bukti prestasi dalam bentuk file PDF
  • Pendaftar dikenakan biaya pendaftaran seleksi Rp 850.000

Jadwal pendaftaran: 2 Mei - 14 Juni 2024

Baca juga: Beasiswa S1 Gratis ke Jepang Dibuka, Ada Uang Saku Rp 12 Juta

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) ternyata juga memiliki jalur mandiri tanpa tes yang bisa kamu ikuti. Yakni Jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) bagi semua siswa-siswi yang berprestasi di SMA atau SMK.

UGM menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) untuk jalur mandiri. Namun, tidak semua mahasiswa jalur mandiri dikenakan biaya SSPU.

SSPU merupakan persentase solidaritas dari keluarga mahasiswa yang lebih mampu untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Hasilnya, mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi tetap dapat kuliah di UGM dengan UKT Rp 0.

Persyaratan PBUB UGM 2024

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com