Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mandiri UGM 2024 yang Biaya Daftarnya Cuma Rp 25.000, Apa itu?

Kompas.com - 22/04/2024, 15:29 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah membuka pendaftaran jalur mandiri.

Salah satunya, ada jalur mandiri atau Ujian Masuk UGM yang punya biaya pendaftaran hanya Rp 25.000 saja.

Biaya pendaftaran ini merupakan persyaratan umum yang ada pada jalur mandiri baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Rata-rata biaya pendaftaran jalur mandiri antara Rp 150.000 hingga Rp 350.000 dan dibayar sebelum siswa mengikuti seleksi tes maupun non-tes.

Baca juga: Catat Tanggal Penting Jalur Mandiri UI, ITB, IPB, dan UGM 2024

Sementara itu, biaya pendaftaran jalur mandiri UGM yang murah ini bisa didapatkan siswa melalui Ujian Masuk UGM Penelusuran Bibit Unggul (UM UGM PBU).

UM UGM PBU memiliki tiga jenis jalur masuk yang bisa dipilih. Antara lain Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), dan terakhir Penelusuran Bibit Unggul Wilayah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) penyelenggaraan Kegiatan Tridharma UGM (PBU Afirmasi dan 3T)

Khusus biaya pendaftaran Rp 25.000 ini untuk pendaftar jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM).

Baca juga: Biaya Kuliah 3 Prodi Fakultas Kedokteran UGM Jalur Mandiri 2024

Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi dan mempunyai prestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olahraga, atau Seni namun terkendala keterbatasan ekonomi.

Persyaratan Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2024

1. Sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan);

2. Memiliki prestasi akademik baik dan konsisten;

3. Memiliki surat keterangan sedang menempuh kelas 12 (dua belas) atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang berada di kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah.

Syarat Khusus

1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial;

Baca juga: Cerita Ikhsan, Anak Tukang Bangunan Lulus Cumlaude di UGM

2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya sebesar kurang dari atau setara Rp 4.000.000 per bulan;

3. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak sebesar Rp 750.000 per bulan;

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com