Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Semua Jalur di PPDB 2024 DKI Jakarta, Tak Hanya Zonasi

Kompas.com - 09/05/2024, 09:08 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2024 akan segera digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pada PPDB 2024 DKI Jakarta, nantinya akam ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa diakses oleh para siswa yang ingin masuk SD, SMP, SMA atau sederajat.

Dikutip dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 15 Tahun 2024 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, ada empat jalur pendaftaran peserta didik baru.

Berikut informasi lengkap mengenai PPDB 2024 DKI Jakarta yang perlu diperhatikan orangtua dan siswa.

Baca juga: PPDB Sumut 2024 Jenjang SMA/SMK, Cek Jadwal dan Syarat Semua Jalur

PPDB 2024 DKI Jakarta

Jalur pendaftaran PPDB 2024 DKI Jakarta meliputi:

1. Jalur prestasi

Jalur prestasi akan ditujukkan pada siswa yang ingin masuk sekolah melalui penilaian rapor ataupun prestasi non-akademik yang dimiliki.

2. Jalur afirmasi

Jalur afirmasi diperuntukkan nagi siswa daei panti asuhan yang tercantum dalam Kartu Keluarga panti asuhan, penyandang disabilitas, dan anak tenaga kesehatan yang meninggal dunia saat penanganan pandemi Covid-19.

3. Jalur zonasi

Jalur zonasi merupakan sistem pendaftaran PPDB yang ditujukan bagi siswa tinggal di zona wilayah yang sama dengan lokasi sekolah.

4. Jalur perpindahan tugas orangtua

Jalur perpindahaan tugas ditujukan bagi siswa yang orangtuanya dipindah tugaskan ke Jakarta yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi dan dokumen pendukung lainnya

Kuota PPDB 2024 DKI Jakarta

Setiap jalur memiliki kuota penerimaan siswa tersendiri sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) Nomor 1 Tahun 2021.

Baca juga: Kuota PPDB 2024 Jalur Zonasi, Afirmasi dan Perpindahan SD, SMP, SMA

Sebagai persiapan mendaftar PPDB, ada baiknya siswa dan orangtua mengetahui besaran kuota setiap jenjang sekolah di PPDB 2024:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com