Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ANAK DAN PENDIDIKAN

Naik Peringkat, Binus Business School Tembus Top 400 Versi QS World University Ranking by Subject 2024

Kompas.com - 27/04/2024, 14:16 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Binus University berhasil mencatatkan prestasi apik di awal 2024. Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2024 yang disusun analisis pendidikan tinggi global berbasis di London, Inggris, Quacquarelli Symonds (QS), peringkat Binus University mengalami peningkatan.

Khusus bidang ilmu Business & Management Studies, Binus University Business School (BBS) sukses masuk dalam kelompok Top 400 pada posisi antara 351-400 global. Sebelumnya, BBS berada di peringkat ke-451- 500 global.

Di level nasional, BBS menempati peringkat ke-4 dari 9 perguruan tinggi khusus di bidang ilmu tersebut.

Untuk menyusun peringkat kampus-kampus di dunia berdasarkan bidang ilmu, QS menggunakan lima indikator penilaian.

Pertama, reputasi akademik (academic reputation). Kedua, reputasi pemberi kerja (employer reputation). Ketiga, sitasi per jurnal ilmiah (citations per paper).

Keempat, indeks produktivitas dan pengaruh akademik (H-index). Kelima, engagement universitas yang didasarkan pada kerja sama publikasi dengan penulis ataupun co-author bertaraf internasional (international research network/IRN).

Baca juga: Tim Cook Kunjungi Apple Developer Academy @BINUS, Perkuat Pengembangan Talenta Digital Indonesia

Lebih dari 1.500 universitas di seluruh dunia dinilai oleh QS dan hasilnya diumumkan tiap tahun.

Berdasarkan lima indikator penilaian itu, Business & Management Studies BBS memperoleh total skor 60,2.

Skor tersebut keluar berdasarkan hasil analisis yang dilakukan melalui sejumlah komposisi, seperti 50 persen penilaian yang dititikberatkan pada academic reputation, 30 persen untuk employer reputation, 8 persen citations per paper, 8 persen H-index, dan 5 persen sisanya pada IRN.

BINUS @Kemanggisan Kampus Anggrek. Dok. BINUS University BINUS @Kemanggisan Kampus Anggrek.

Keberhasilan Binus University dalam mempertahankan standar kualitas yang tinggi dalam kelima aspek itu pun sukses membawa BBS masuk Top 400 dunia khusus studi Business & Management Studies.

Peringkat yang ditetapkan oleh QS World University Rankings by Subject berlaku untuk keseluruhan jenjang studi, mulai dari S1, S2, hingga S3.

Semakin dekat dengan tujuan

Pencapaian BBS tersebut tak terlepas dari peran sivitas akademika Binus, seperti tenaga akademis, peneliti, dan alumnus.

Prestasi tersebut juga akan membuat citra BBS menjadi lebih baik dan meyakinkan bagi para calon mahasiswa.

Executive Dean BBS Prof Dezie L Warganegara PhD mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterima kasih atas pengakuan yang diberikan QS terhadap bidang ilmu Business & Manajemen Binus University.

Prof Dezie menilai, naik peringkat di QS World University Ranking by Subject sama sekali tidak mudah. BBS harus bersaing dengan sekolah bisnis top dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com