Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN Raih 4 Stars dari QS Stars World University Rating

Kompas.com - 30/04/2024, 14:59 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) semakin matang dengan komitmen menjadi World Class University dan bersaing di tingkat internasional.

Melalui pendidikan berkualitas tinggi, UMN meraih 4 Stars dari lembaga pemeringkatan internasional QS Stars World University Rating.

Rektor UMN Dr. Ninok Leksono mengakui bahwa QS Stars memang menjadi bagian dari peta jalan UMN untuk memasuki kancah internasional.

Menurutnya, prestasi ini sekaligus menjadi bukti kerja keras UMN mewujudkan internasionalisasi dan semangat inklusivitas.

“Melalui QS ada kebanggaan, tetapi juga menyadari masih ada yang perlu ditingkatkan, apalagi jika ingin memasuki QS Rank. Tetapi, sekali lagi ini satu langkah internasionalisasi UMN yang patut kita apresiasi,” ujar Ninok dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Prodi Film UMN Gelar UCIFEST 2024 Angkat Tema Morality

UMN targetkan masuk dalam QS Asia Ranking

QS Stars adalah sistem pemeringkatan universitas di dunia untuk mengukur kualitas pendidikan tinggi, mulai dari pembelajaran, keterserapan lulusan di dunia kerja, online learning, hingga inklusivitas.

Berdasarkan standar internasional itu, UMN berhasil meraih 5 Star untuk indikator pengajaran (teaching), keterserapan lulusan di dunia kerja (employability), pembelajaran daring (online learning), dan inklusivitas (inclusiveness).

Saat ini, Wakil Rektor Bidang Akademik UMN Dr. Friska Natalia menegaskan, UMN telah dan terus berupaya meningkatkan indikator indikator QS Stars sehingga berhasil memenuhi standar pendidikan internasional.

Pencapaian ini pun tak serta-merta membuat UMN berpuas diri. Friska menargetkan UMN dapat masuk dalam QS Asia Ranking hingga meningkatkan minat mahasiswa asing belajar di UMN.

"Langkah yang ditempuh adalah membuat beberapa program internasionalisasi. Seperti Mobility Program, International Competition, Visiting Professor untuk mendorong mahasiswa asing bisa mengikuti pembelajaran dan mahasiswa UMN juga bisa berkolaborasi dengan mahasiswa asing," terang Friska.

Baca juga: Open House UMN 2024, Kenalkan Keunggulan Prodi hingga Beasiswa

Berbagai indikator QS yang sudah berhasil diraih UMN dengan skor unggul pun akan terus dikembangkan.

Upaya-upaya itu terdiri atas meningkatkan kompetensi tenaga pengajar dan fasilitas, memutakhirkan kurikulum sesuai kebutuhan industri, mendatangkan praktisi, memproduksi konten asinkron, mengembangkan fitur learning management system, memberikan beasiswa ke mahasiswa berprestasi, hingga menghadirkan inklusivitas untuk penyandang disabilitas.

Prestasi yang dicapai ini diharapkan dapat mendorong UMN untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi untuk menjadi yang terbaik.

Baca juga: UMN Buka 4 Jalur Seleksi Mahasiswa Baru 2024, Ada Beasiswa

Selain itu juga menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh industri.

Serta memiliki daya saing yang sangat baik, dan memiliki dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com