Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FMIPA UGM Punya Prodi Favorit, Ada Pilihan Kamu?

Kompas.com - 30/04/2024, 14:20 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjadi salah satu fakultas yang memiliki program studi (Prodi) paling diminati atau menjadi favorit para pendaftar.

Dikutip dari laman resmi UGM, ada beberapa prodi yang paling diminati para pendaftar di UGM, prodi pertama adalah Ilmu Komputer.

Dekan FMIPA UGM, Prof. Kuwait Triyana mengatakan, prodi Ilmu Komputer menarik jumlah peminat terbesar yakni sebesar 3.924 calon mahasiswa.

Baca juga: Ujian Jalur Mandiri CBT UGM Tidak Hanya di Yogyakarta, Ini Cara Daftar

Prodi paling diminati FMIPA UGM

Daya tampung prodi Ilmu Komputer hanya 90 orang, namun pada tahun 2023 lalu yang melakukan registrasi hanya 76 orang.

"Artinya rata-rata hanya satu pendaftar yang diterima dari 43 orang pendaftar," kata Prof. Kuwat dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (30/4/2024).

Prodi selanjutnya yang paling diminati, kata Prof. Kuwat adalah prodi Kimia dengan jumlah peminat mencapai 1.250 orang calon mahasiswa dan daya tampung 159 mahasiswa.

Selain jalur reguler, FMIPA memiliki tiga prodi International Undergraduate Program (IUP) yakni prodi yakni Elins, Ilmu Komputer dan Kimia.

Baca juga: Jalur Mandiri UGM 2024 yang Biaya Daftarnya Cuma Rp 25.000, Apa itu?

Jumlah peminat dan daya tampung terbesar prodinya diduduki oleh Program Studi Ilmu Komputer yakni sebesar 422 peminat dan daya tampung sebesar 72 mahasiswa.

Terkait masa studi dan prospek kerja para lulusan, Prof. Kuwat mengatakan, total lulusan tahun akademik 2022/2023 ada sebanyak 638 orang.

Rata-rata dari mereka memiliki lama studi 4 tahun 3 bulan dan rata-rata perolehan IPK 3,36 dengan rata-rata masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama yang layak, berwirausaha, atau melanjutkan studi adalah 1,5 bulan.

Prof. Kuwat menegaskan, FMIPA UGM tertap berusaha untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya yang tercermin dari kolaborasi dengan perusahaan asing. Salah satunya dengan Asean Nagoya Club (ANC) Japan.

Baca juga: Denah 44 Lokasi UTBK UGM Selama SNBT 2024

Menurut Prof. Kuwat, kehadiran kantor Japan Career Center FMIPA UGM telah membuka peluang lebih luas lagi bagi lulusan, terutama untuk bekerja di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com