Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Kenalkan Batik dan Tarian Tradisional ke Mahasiswa FPT University Vietnam

Kompas.com - 30/04/2024, 15:43 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional "Cultural Outreach Program" di FPT University, Hanoi, Vietnam Jumat (26/4/2024) silam.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia pada mahasiswa Vietnam. Puluhan mahasiswa FPTU yang hadir di acara diberikan pelatihan membatik dengan media tas jinjing dan tari tradisional.

Pelajaran membatik dibawakan Dekan FPsi Untar Sri Tiatri dan Manajer PKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untar Dr. Hetty Karunia Tunjungsari.

Hetty mengatakan, program ini merupakan langkah penting dalam membuka wawasan budaya terkait perbedaan dan persamaan antarbudaya.

"Program ini tidak hanya memperkaya pengetahuan global, tetapi juga dapat memperkuat hubungan Indonesia dan Vietnam melalui pemahaman budaya yang lebih mendalam," terang Hetty seperti dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Ikut EURIE 2024, Kemendikbud Gandeng Untar Jadi World Class University

Tampilkan tarian tradisional di Vietnam

Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional Cultural Outreach Program di FPT University, Hanoi, Vietnam Jumat (26/4/2024).DOK. Universitas Tarumanagara (Untar) Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional Cultural Outreach Program di FPT University, Hanoi, Vietnam Jumat (26/4/2024).

Sementara, sebagai narasumber tari mahasiswa Fakultas Psikologi Untar Anisa Husnul Khotimah yang mengajarkan tari Goyang Karawang dari Jawa Barat.

Serta mahasiswa Fakultas Hukum Untar Jelita Damai Sofia Lorenza Sihite yang mengajarkan tari Tor-tor dari Sumatera Utara.

Anisa dan Jelita menjelaskan acara ini mendapat tanggapan positif dari mahasiswa FPTU. Mereka mengaku senang melihat antusiasme para peserta.

"Mahasiswa FPTU sangat antusias mempelajari budaya Indonesia. Mereka cepat belajar sehingga di penghujung hari kami bisa menampilkan tarian dengan baik," jelas Jelita.

Mereka juga mengucapkan apresiasi pada Untar yang telah memberi kesempatan untuk ikut acara PKM internasional.

Di sisi lain, mahasiswa FPTU Tranh Tuan Phong mengucapkan terima kasih pada Untar untuk acara ini. Ia mengungkapkan para mahasiswa FPTU antusias untuk mempelajari budaya Indonesia.

"Terima kasih Untar atas pengenalan budaya Indonesia yang menarik ini. Kami akan datang ke
Indonesia suatu hari nanti," tambah mahasiswa FPTU Yen Tran Thi Hai.

Implementasi Kolaborasi Untar di Vietnam Acara PKM internasional ini merupakan bagian dari kunjungan delegasi Untar ke Vietnam dalam rangka implementasi kolaborasi Untar dengan KBRI Hanoi dan dua perguruan tinggi Vietnam, yang diresmikan pada bulan Januari silam.

Baca juga: Rektor Untar Harap Kampus Akreditasi Unggul Lebih Leluasa Buka Prodi Baru

Bentuk implementasi "Untar untuk Dunia"

Selain PKM internasional, kolaborasi turut diimplementasikan dalam kegiatan konferensi
internasional bertema "Collaborative Research and Technology Partnerships for Global Impact: Higher Education and Sustainable Development Goals (SDGs)" di Foreign Trade University (FTU)
Vietnam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com