Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut EURIE 2024, Kemendikbud Gandeng Untar Jadi "World Class University"

Kompas.com - 02/03/2024, 07:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek) untuk berpartisipasi dalam Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024.

EURIE 2024 diadakan di Istanbul, Turki pada 26 hingga 29 Februari lalu. EURIE 2024 merupakan kegiatan eksibisi dan konvensi pendidikan tinggi internasional besar tahunan di kawasan Asia-Eropa yang dihadiri oleh kalangan pendidik, akademisi, pemegang kebijakan, dan pemangku kepentingan lain di bidang pendidikan tinggi dari seluruh penjuru dunia.

Ketua Tim Kerja Sama dan Humas Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana mengatakan, pihaknya mengoordinasi dan menggandeng sembilan perguruan tinggi terkemuka Indonesia untuk berpartisipasi dalam rangka transformasi pendidikan menyongsong Indonesia Emas 2045.

Yakni dengan memperluas dan memperkuat jejaring mitra internasional untuk menghasilkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Baca juga: Untar Raih 8 Penghargaan di Rakorda 2024 LL Dikti III, Salah Satunya PTS dengan Publikasi Terbaik 2023

Satu-satunya PTS yang ikut EURIE 2024

Ia berharap kegiatan ini dapat memberi kesempatan lebih besar bagi perguruan tinggi Indonesia untuk memasuki pasar pendidikan tinggi dunia.

"Ditjen Diktiristek memberi apresiasi kepada Untar sebagai satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang mampu membuka booth sendiri. Sehingga lebih fokus memperkenalkan keunggulan dan keunikan program pendidikan tinggi yang dimilikinya," terang Yayat dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (2/3/2024).

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi memberikan dukungannya bagi kegiatan internasionalisasi Untar.

Ia mengatakan Yayasan Tarumanagara akan selalu memberi perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan yang membawa nama Untar di kancah internasional.

"Sebagai satu-satunya universitas swasta yang ditunjuk dan dipercaya oleh Ditjen Diktiristek, ini membuktikan peran nyata dan sumbangsih Untar untuk dunia dalam bersaing di kancah global bersama dengan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia," papar Ariawan.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kali pertama Untar mengikuti kegiatan EURIE 2024.

Partisipasi Untar menjadi salah satu upaya dalam mengimplementasikan tagline "Untar untuk
Dunia".

"Untar ingin berperan lebih luas dalam pendidikan tinggi tingkat global dengan terus meningkatkan kualitas. Untar telah diproyeksikan Ditjen Diktiristek sebagai salah satu universitas swasta kelas dunia atau World Class University," ungkap Rektor.

Baca juga: Untar Pertahankan Klaster Mandiri Perguruan Tinggi untuk Kinerja PKM

Bisa jalin kerja sama dengan perguruan tinggi di dunia

Rektor berharap melalui kegiatan ini Untar dapat menjalin kerja sama kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi di dunia, untuk mendukung tercapainya SDM Unggul dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, Untar memiliki berbagai program unggulan yang dapat ditawarkan.

"Untar menawarkan berbagai program lintas negara yang meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian kolaborasi internasional, pengabdian masyarakat internasional, dosen tamu, dan magang serta berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan keunggulan Untar, khususnya di bidang Entrepreneurship," imbuh Rektor.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com