Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Untar Raih 8 Penghargaan di Rakorda 2024 LL Dikti III, Salah Satunya PTS dengan Publikasi Terbaik 2023

Kompas.com - 05/02/2024, 11:58 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) kembali mengukir sejarah perolehan penghargaan dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LL Dikti III) 2024 di Universitas Pelita Harapan (UPH), Kamis (1/2/2024). 

Pada tahun ini, Untar membawa delapan penghargaan atau melampaui capain tujuh penghargaan yang didapatkan pada 2022. 

Rakorda tersebut mengusung tema “Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju Rekognisi Global dalam Implementasi Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) 53 Tahun 2023”.

Rapat kali ini menegaskan komitmen LL DiktiI III dalam meningkatkan standar pendidikan tinggi sesuai dengan regulasi yang berlaku sebagai respons terhadap tuntutan global dan perkembangan zaman. 

Kepala LL Dikti III Toni Toharudin menyampaikan, rapat tersebut menjadi momen untuk memberikan penghargaan kepada para pimpinan perguruan tinggi, guru besar, dosen, dan mahasiswa di Wilayah III Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah dicapai. 

Baca juga: Untar Pertahankan Klaster Mandiri Perguruan Tinggi untuk Kinerja PKM

“Prestasi harus menjadi momentum bagi seluruh perguruan tinggi untuk terus berpacu dan meningkatkan kualitasnya serta berkontribusi positif untuk pemerintah daerah (pemda), khususnya DKI Jakarta,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (5/2/2024). 

Untar meraih sejumlah penghargaan sebagai Platinum Winner untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan Publikasi Terbaik Tahun 2023, Gold Winner untuk PTS dengan Kontribusi Penelitian Terbaik Tahun 2023, dan Silver Winner untuk PTS  dengan Kualitas Akademik Terbaik Tahun 2023. 

Ada pula penghargaan Bronze Winner untuk PTS dengan Pengabdian Masyarakat Terbaik Tahun 2023, PTS dengan Kemitraan Terbaik Tahun 2023, PTS dengan Akreditasi Unggul, PTS yang Memiliki Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, serta Guru Besar Untar Ariawan Gunadi yang meraih penghargaan sebagai Profesor Termuda di LLDikti Wilayah III. 

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan, berbagai perolehan penghargaan tersebut menjadi bukti nyata atas dedikasi Untar dalam memberikan kontribusi positif dalam berbagai aspek pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kemitraan. 

Baca juga: Rektor Untar Harap Kampus Akreditasi Unggul Lebih Leluasa Buka Prodi Baru

Tidak hanya meraih penghargaan, Rakorda 2024 menjadi momen besar bagi Untar dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Guru Besar bagi dua profesor baru bidang ekonomi, yaitu Ignatius Roni Setyawan dan Sawidji Widoatmodjo.

Pada kesempatan itu, unit kegiatan mahasiswa (UKM) Tari Citra Pesona Untar juga membawakan penampilan modern dance.  

Rakorda merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan LL Dikti III setiap tahun. 

Kegiatan tersebut bertujuan melakukan koordinasi, sosialisasi, dan penyamaan persepsi terkait rencana pelaksanaan program yang akan dilaksanakan pada 2024.  

Sebanyak 120 penghargaan diserahkan dalam kegiatan itu sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah diraih berbagai lembaga pendidikan tinggi berbentuk universitas, institut, sekolah tinggi, dan politeknik. 

Baca juga: Untar Berkomitmen Tingkatkan Sinergi Baik dengan Media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com