Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Humas Untar Terima Penghargaan Tertinggi pada Anugerah Diktiristek 2023

Kompas.com - 18/12/2023, 13:13 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Tarumanagara (Untar) menerima penghargaan tertinggi tingkat nasional pada ajang Anugerah Diktiristek 2023 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (13/12/2023).

Humas Untar meraih tiga penghargaan sekaligus dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yaitu Gold Winner pada subkategori Laman dan Media Sosial, serta Silver Winner pada subkategori Insan Humas untuk Kepala Humas (Kahumas) Untar Paula T Anggarina. Penghargaan ini diberikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Diktiristek Nizam.

Sebagai penerima penghargaan, Kahumas Untar Paula T Anggarina menjelaskan bahwa informasi yang berkualitas dan positif sangat dibutuhkan bagi masyarakat, terutama di tengah persebaran informasi yang cenderung negatif.

Baca juga: Iran Eksekusi Mata-mata Mossad Israel karena Sebar Informasi Rahasia

Menurutnya, humas memiliki peran kunci dalam membangun budaya komunikasi yang baik. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, humas harus mampu menyajikan informasi yang kredibel dan bertanggung jawab kepada para pemangku kepentingan.

“Para akademisi harus memberi contoh berkomunikasi yang baik kepada masyarakat," ujar Paula dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (18/12/2023).

Secara khusus, Paula menyampaikan terima kasih kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) III dan Ditjen Diktiristek atas penghargaan yang diberikan.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Rektor Untar dan seluruh Sivitas Akademika Untar yang telah aktif berkontribusi melalui berbagai kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, prestasi akademik dan nonakademik, serta kegiatan-kegiatan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang menghasilkan informasi.

Baca juga: Bank Mandiri Buka Pendaftaran Magang Kampus Merdeka hingga 15 Desember 2023, Mahasiswa Dapat Uang Saku!

Paula mengatakan bahwa tugas humas adalah meramu informasi menjadi konten atau berita yang dapat dikomunikasikan kepada masyarakat.

"Setiap kerja keras akan membuahkan hasil. Tim Humas Untar yang solid dapat mewujudkan capaian tertinggi bidang kehumasan pendidikan tinggi ini. Sekali lagi, saya selaku Kahumas Untar mengucapkan terima kasih atas kerja yang luar biasa dari seluruh tim,” ucapnya sebagai ungkapan syukur sekaligus pesan bagi para anggota Tim Humas Untar.

Bukti Humas Untar sajikan kinerja baik

Pada kesempatan yang sama, Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan, pencapaian tersebut merupakan bukti bahwa Humas Untar telah menyajikan kinerja yang baik dan memberikan dampak positif bagi reputasi perguruan tingginya.

Baca juga: Diktiristek: Humas Berperan Penting Membangun Reputasi Perguruan Tinggi

Menurutnya, Humas Untar memiliki peran sentral dalam peningkatan reputasi Untar menjadi ujung tombak dalam penyebaran dan penyerapan informasi dari dan kepada publik.

Lebih lanjut, Agustinus mengungkapkan komitmennya untuk terus meningkatkan kinerja Humas Untar dan siap berbagi pengalaman kepada perguruan tinggi lain yang akan mengembangkan kehumasannya.

“Kami juga bersyukur karena Insan Humas Untar, Paula T Anggarina berhasil menjadi figur yang menginspirasi bagi pembangunan reputasi Untar,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Dirjen Diktiristek Nizam berharap apresiasi yang diberikan dapat memperkuat semangat untuk mencapai kemajuan bangsa dan negara saat memasuki 2024.

Baca juga: Maksimalkan Peran Humas, Untar Raih Anugerah Diktiristek 2023

Anugerah Diktiristek 2023 memberikan 500 penghargaan kepada dunia usaha dan dunia industri (DUDI), perguruan tinggi, dan media yang telah menjadi mitra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Ditjen Diktiristek dalam mendukung transformasi pendidikan Indonesia.

Sebagai informasi, Humas Untar sebelumnya pernah meraih beberapa penghargaan, antara lain Top 5 PTS dengan Kehumasan Terbaik dan Terproduktif di Lingkungan LLDikti III 2020, Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik 2021, dan Bronze Winner untuk sektor Perguruan Tinggi kategori Media Sosial dalam Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com