Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 PTS yang Sediakan Beasiswa Jalur Seleksi Nilai UTBK 2024

Kompas.com - 26/04/2024, 17:24 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada tujuh perguruan tinggi swasta (PTS) yang membuka pendaftaran beasiswa mahasiswa baru menggunakan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024.

UTBK rencananya akan digelar sebanyak dua gelombang, pertama pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024, gelombang kedua mulai dari 14 sampai 20 Mei 2024.

Apabila kamu gagal lolos UTBK, kamu bisa menggunakan nilai tersebut untuk mendapatkan beasiswa di delapan PTS di Indonesia.

Berikut tujuh PTS yang menggunakan syarat nilai UTBK untuk mendaftar beasiswa yang tersedia:

Baca juga: Aturan Berpakaian Saat Ikut UTBK SNBT 2024, Pendaftar Wajib Tahu

7 PTS punya beasiswa pakai nilai UTBK 2024

1. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Nilai UTBK memberikan kesempatan emas untuk meraih beasiswa uang pangkal sampai dengan 100 persen di UMN.

Caranya hanya tinggal daftarkan diri kamu di pmb.umn.ac.id kemudian kirimkan dokumen berupa foto atau scan skor UTBK beserta foto atau scan rapor kelas X dan XI kamu ke email UMN.

2. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)

Unimus memberikan beasiswa untuk siswa SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2022 sampai dengan 2024 yang memiliki sertifikat nilai UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dengan hasil skor minimal 450.

Siswa yang menempuh jalur beasiswa dengan nilai UTBK boleh memilih semua program studi yang ada di Unimus kecuali Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi dan program pascasarjana.

3. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha membuka pendaftaran beasiswa mahasiswa baru menggunakan nilai UTBK pada tahun 2023 lalu. Kala itu, siswa yang ingin mendapatkan beasiswa harus meraih nilai UTBK paling kecil 400.

Baca juga: Skor UTBK SNBT 2024 Bisa untuk 4 Hal, Salah Satunya Beasiswa Penuh

4. President University

Beasiswa Jalur UTBK di President University, adalah evaluasi berdasarkan standarisasi nilai tes masuk President University tanpa melalui tes dan hanya memasukan nilai hasil UTBK.

5. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com