Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA Labschool Jakarta, Azzam: Pencinta Basket yang Diterima 6 Universitas Top AS

Kompas.com - 06/05/2024, 13:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mimpi menggapai pendidikan tinggi di luar negeri menjadi kenyataan bagi Ahmad Azzam Muhammad, siswa SMA Labschool Jakarta kelas XII. Azzam menorehkan prestasi diterima di enam universitas top Amerika Serikat untuk perkuliahan bulan Agustus 2024.

Kecintaan Azzam terhadap basket tak menghalangi cita-citanya untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Kerja keras dan dedikasi Azzam membuahkan hasil yang membanggakan.

Keenam universitas yang menerima Azzam adalah UC Davis (peringkat 6), University of Wisconsin (peringkat 12), Rutgers University New Brunswick (peringkat 15), The Ohio State University Columbus (peringkat 17), Purdue University West Lafayette (peringkat 17), dan University of Maryland College Park (peringkat 19).

Peringkat tersebut didasarkan pada beberapa lembaga terpercaya seperti U.S. News Top Public 2024 Rankings, U.S. News Best National University 2024 Rankings, U.S. News Best Undergraduate Business Program of 2024 Rankings, dan U.S. Best Business School Rankings.

Keenam universitas tersebut merupakan universitas negeri dan swasta di Amerika Serikat yang memiliki kualitas pendidikan berstandar dunia dan mempunyai fasilitas pendidikan canggih dengan deretan professor dengan memiliki kredibilitas tinggi di dunia pendidikan internasional.

Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro menyampaikan (6/5/2024), “tentunya hasil ini diraih dengan nilai akademik yang baik saat masih duduk di bangku sekolah, melalui didikan para guru serta pengajar dari SMP dan SMA Labschool Jakarta yang sangat berkualitas, kompeten, dan berwawasan global.” 

“Secara teknis, sekolah menyiapkan dari surat rekomendasi, nilai rapor, dokumen profil sekolah, ijazah, proses pengiriman dokumen secara elektronik, dan non-elektronik,” jelasnya.

“Ini menunjukan bahwa Azzam memiliki kualitas yang sangat berkompeten dari segi akademis dan leadership berorganisasi sehingga dapat diperhitungkan serta diapresiasi oleh universitas di Amerika Serikat,” lanjut Suparno.

Minat generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri semakin meningkat, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang tersedia pun semakin beragam. Ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk mencetak dan memanfaatkan generasi terpelajar menuju Indonesia Emas 2045.

Tren melanjutkan studi ke luar negeri yang terus meningkat membuat kita juga perlu memahami konsultan Pendidikan internasional di indonesia yang berkualitas.

Perjalanan Azzam meraih capaian beasiswa ini dilakukan dalam program persiapan studi di luar negeri. Dia behasil mendapatkan skor 7.5 pada tes resmi IELTS nya di British Council Indonesia pada bulan Juli 2023 lalu dan didukung dengan kemampuan menulis esai yang baik.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Indonesia 2024/2025 Program Sarjana dan Vokasi

“Harapannya, dengan masuknya saya ke universitas terbaik di Amerika Serikat akan membuka jalan bagi para pemuda Indonesia lainnya untuk tetap mempertahankan impiannya untuk melanjutkan studinya ke luar negeri,” kata Ahmad Azzam Muhammad.

Menurut Azzam, dukungan kuat dari sivitas akademika SMA Labschool Jakarta seperti Kepala Sekolah, yang juga pernah meraih penghargaan “Leader in Multicultural Education Award” dalam ajang World School Summit 2024, turut memberikan motivasi kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com