Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 16 Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Kompas.com - 06/05/2024, 08:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

Sumber KitaLulus

KOMPAS.com - Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan bisa jadi pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

Ada banyak jurusan kuliah di perguruan tinggi yang bisa kamu pilih sesuai bakat dan minatmu.

Harapannya, jurusan kuliah dipilih bisa membuatmu langsung terserap di dunia kerja. Namun demikian, jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan ini tentu juga tergantung dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing mahasiswa.

Jurusan kuliah yang mudah cari kerja tidak hanya dari rumpun saintek. Rumpun soshum atau sosial humaniora juga banyak dicari perusahaan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terketat di SNBP, Referensi Ikut Jalur Mandiri 2024

Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan

Dilansir dari laman Kita Lulus dan sumber lain, Senin (6/5/2024) berikut jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

1. Teknik Informatika

Perkembangan Teknologi Informasi makin pesat, lulusan Jurusan Teknik Informatika makin dibutuhkan sekarang dan di masa depan.

Tak hanya mudah dapat pekerjaan setelah lulus, Jurusan Teknik Informatika juga bisa mendapatkan gaji besar. Lulusan Jurusan Teknik Informatika, selain bisa bekerja sebagai full time atau karyawan tetap di suatu perusahaan, juga bisa memilih menjadi freelancer dan bekerja dari mana saja.

Sebagai freelancer, lulusan Teknik Informatika bisa mendapatkan klien tidak hanya dari perusahaan dalam negeri, tetapi juga luar negeri sehingga range gajinya berupa dollar.

2. Ilmu Komunikasi

Lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi banyak dicari di perusahaan yang membutuhkan seorang digital marketer.

Lulusan dari Jurusan Ilmu Komunikasi akan lebih memahami bidang kerja ini dibanding yang belajar otodidak karena mereka dididik oleh dosen yang profesional dan mahir di bidangnya.

‍3. Akuntansi

Perusahaan di bidang apa pun pasti membutuhkan seorang akunting. Tidak hanya untuk mengatur keuangan perusahaan, tetapi lulusan Jurusan Akuntansi juga akan mengatur pembayaran pajak yang sifatnya wajib.

Di Jurusan Akuntansi ada berbagai konsentrasi, yaitu general accounting, auditing, management accounting, governmental accounting, budgetary accounting, educational accounting, cost accounting, tax accounting, sistem informasi akuntansi, social accounting, international accounting, hingga akuntansi perbankan.

4. Teknik Kimia/Kimia Murni

Jurusan Teknik Kimia dan Kimia Murni mempelajari disiplin ilmu yang beragam. Sehingga pengetahuan lulusannya juga menjadi lebih luas dengan disiplin bidang kerjanya beragam.

Misalnya saja kamu bisa bekerja di dunia skincare, makanan, atau BPOM. Utamanya BPOM, mereka akan sangat membutuhkan lulusan dari Jurusan Teknik Kimia atau Kimia Murni untuk direkrut menjadi pegawainya.

5. Kedokteran atau Keperawatan

Satu lagi jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan adalah Jurusan Kedokteran atau Keperawatan atau jurusan kuliah bidang kesehatan lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com