Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Fathur Raih Skor 1.000 di UTBK 2023 Kemampuan Kuantitatif

Kompas.com - 23/04/2024, 14:31 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Muhammad Fathur Rizky (18), seorang siswa asal SMA Negeri 1 Cirebon, berhasil meraih skor 1.000 di Kemampuan Kuantitatif Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Kemampuan Kuantitatif sering kali dianggap subtes tersulit bagi peserta UTBK SNBT karena rasa takut menghadapi soal matematika yang diujikan. Namun, Fathur berhasil mematahkan stigma tersebut dengan meraih skor sempurna.

Menurut Fathur, untuk menghindari rasa malas dalam belajar, peserta perlu mempunyai target sehingga diri sendiri akan terus berusaha untuk mengejar target tersebut.

“Selalu pikirkan resiko terburuk jika tidak berusaha secara maksimal,” ujar Fathur kepada Kompas.com.

Baca juga: Sistem Penilaian Skor UTBK SNBT 2024, Siswa Perlu Tahu

Fathur juga membagikan cara belajar yang efektif bagi dirinya. Fathur selalu mempelajari konsep secara benar, mencari dan mengerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya.

“Berusaha belajar secara mandiri, giat mencari sumber belajar, dan monitor progres belajar sebaik mungkin,” Fathur menambahkan.

Walaupun Fathur mendapatkan skor sempurna di subtes Kemampuan Kuantitatif, Fathur mengaku bahwa ia juga mengalami kesulitan.

Bagi Fathur, kesulitan pada dirinya yaitu mengejar nilai Try Out di subtes literasi, sehingga ia harus berusaha menyeimbangkan dengan subtes lain.

Dengan mengantongi skor sempurna di subtes Kemampuan Kuantitatif, Fathur berhasil lolos di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB). Fathur mengaku bahwa ia memilih STEI ITB karena menurutnya STEI ITB memiliki lingkungan belajar yang baik serta prestasi yang luar biasa.

Baca juga: Skor UTBK Tertinggi dan Terendah Unair di SNBT, Kedokteran Berapa?

Meski saat ini Fathur sudah berhasil lolos di kampus impiannya, Fathur sering kali membantu peserta UTBK dengan menjawab latihan soal di media sosialnya.

“Karena saya butuh latihan soal, dengan memberikan jawaban harapannya banyak yang memberi soal kepada saya lebih banyak lagi. Dengan begitu, saya tidak perlu capek-capek mencari latihan soal lagi,” ujar Fathur.

Menurut Fathur, peserta UTBK SNBT perlu usaha untuk membangun kepercayaan diri dalam menghadapi tes.

“UTBK itu mental game, ketika mendapatkan hasil yang baik, maka kepercayaan diri dapat terbangun. Maka dari itu, belajarlah demi mendapatkan hasil yang baik. Upayakan peningkatan, meski tidak besar,” tutup Fathur.

Jadi, UTBK SNBT dapat dijalani tanpa beban mental jika peserta menggunakan pola belajar yang tepat untuk dirinya sendiri. Tidak terpaku oleh perkembangan orang lain, fokus terhadap perkembangan belajar diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com