Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Kukuhkan 2 Profesor Bidang Arsitektur dan Hukum

Kompas.com - 10/12/2023, 15:13 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) mengukuhkan dua profesor yakni Prof. Rasji dan Prof. Fermanto Lianto.

Pengukuhan profesor Untar ini dilaksanakan dalam prosesi yang diselenggarakan di auditorium kampus Untar.

Prosesi dipimpin Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dan dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) Prof. Toni Toharudin.

Prof Rasji menjadi profesor tetap bidang Ilmu hukum tata negara. Ia juga menjadi profesor kesembilan dari Fakultas Hukum (FH) Untar.

Baca juga: Tambah 5 Profesor, Uncen Kini Miliki 26 Guru Besar

Kukuhkan dua profesor bidang arsitektur dan hukum

Sedangkan Prof Fermanto merupakan alumni Prodi Sarjana Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Untar yang pertama menyandang gelar profesor tetap bidang ilmu arsitektur.

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul "Membangun Sistem Hukum Pengujian Peraturan Kebijakan di Indonesia", Rasji menjelaskan peraturan kebijakan belum banyak dipahami sebagian besar orang, bahkan ahli hukum.

Menurutnya, peraturan kebijakan merupakan suatu hal penting dalam sistem hukum di Indonesia. Sedangkan Prof Fermanto menyampaikan pidato berjudul "Peran Rekayasa Teknologi dalam Mewujudkan Rancangan Arsitektur".

Ia mengungkapkan perlunya peran rekayasa teknologi dalam pemilihan sistem struktur yang tepat guna mewujudkan suatu rancangan arsitektur.

Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Toni Toharudin memberikan apresiasi kepada Untar atas kontribusinya untuk pendidikan tinggi.

Baca juga: Cerita Pasangan Suami Istri yang Raih Gelar Profesor Bersamaan

Menurutnya, Untar telah mendorong dosen untuk menjadi profesor baru dalam berbagai bidang ilmu.

"Pencapaian Untar ini menunjukkan komitmen Untar terhadap mutu pendidikan tinggi dan pengembangan ilmu pengetahuan," ungkap Prof. Toni Toharudin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/12/2023).

Pencapaian Untar ini adalah hasil dari kerja sama antara universitas dan para akademisi dalam menciptakan lingkungan akademik yang baik. Sehingga mendorong lahirnya para pemimpin dan ahli dalam berbagai disiplin ilmu.

Rektor Untar berharap kedua profesor baru ini dapat memberikan karya-karya bereputasi dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara seraya berpesan untuk tetap rendah hati dan bertanggung jawab.

Riwayat singkat dua profesor baru Untar

Pendidikan Prof Rasji berawal dari sarjana hukum dari FH Untar dan melanjutkan studi magister ilmu hukum di Universitas Indonesia.

Jenjang pendidikan doktor berhasil diselesaikan di program doktor ilmu hukum Untar. Ia pernah dipercaya memegang berbagai jabatan struktural di Untar yaitu sebagai Kaprodi Sarjana Hukum, Wakil Rektor IV, Wakil Rektor II, dan saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor.

Sedangkan Prof Fermanto Lianto adalah alumni Prodi S1 Ilmu Arsitektur dan magister FT Untar. Gelar Doktor Ilmu Arsitektur diraihnya dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2018 dengan IPK 4,00 dan memperoleh predikat “Dengan Pujian”.

Baca juga: Rektor Untar Terima Penghargaan Academic Leader Award 2023 dari Kemendikbudristek

Fermanto yang juga seorang praktisi ini pernah menjabat Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan FT Untar tahun 2018-2022 dan sekarang menjabat Manajer Pengembangan dan Kerja Sama FT Untar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com