Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Kerja Ilmu Hukum, Bisa Jadi Diplomat hingga Hakim

Kompas.com - 15/04/2024, 11:01 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Prospek kerja Ilmu Hukum perlu diketahui para calon mahasiswa. Jurusan Ilmu Hukum termasuk salah satu jurusan favorit di kelompok Soshum.

Profesi yang biasanya dijalani lulusan Jurusan Ilmu Hukum adalah pengacara, jaksa hingga hakim. Padahal selain tiga profesi tersebut, ada prospek kerja Ilmu Hukum lainnya yang bisa kamu pilih.

Dilansir dari laman Universitas Bandar Lampung, Senin (15/4/2024), Jurusan Ilmu Hukum cukup diminati karena prospek kerja ilmu hukum sangat beragam dan kebanyakan menjanjikan peluang karier hingga gaji tinggi.

Jurusan ilmu hukum adalah sebuah studi yang mempelajari mengenai sistem hukum yang berlaku di kehidupan masyarakat. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar tentang perundang-undangan, hukum dasar, hingga hukum internasional.

Baca juga: Prospek Kerja Prodi Statistika dan Sains Data, Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Prospek kerja Ilmu Hukum

Biasanya prospek kerja ilmu hukum tergantung pada peminatan jurusan yang dipilih. Mulai dari hukum perdata, hukum islam, hukum adat, hukum ekonomi, hukum pidana, hukum tata negara, dan masih banyak lagi.

Cabang mata kuliah ilmu hukum masih luas dan banyak. Tidak mengherankan jika prospek kerja ilmu hukum beragam dan cukup menjanjikan. Berikut prospek kerja Ilmu Hukum yang perlu kamu ketahui.

1. Pengacara

Pengacara adalah salah satu prospek kerja ilmu yang cukup populer di Indonesia. Tidak hanya itu, sebagai seorang pengacara kamu juga berperan sebagai konsultan dan terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung.

Jika kamu memilih prospek kerja ilmu hukum ini, maka kamu wajib mengambil pendidikan advokat terlebih dulu. 

2. Jaksa

Prospek kerja ilmu hukum selanjutnya adalah jaksa. Pekerjaan ini sebagian besar menghabiskan waktunya di dalam ruang pengadilan.

Tanggung jawab utamanya adalah untuk menghadirkan bukti yang memberatkan tersangka di dalam pengadilan pidana.  Untuk mengambil pilihan prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus melewati beberapa tahapan tes dari negara.

3. Notaris

Prospek kerja Ilmu Hukum berikutnya adalah menjadi notaris. Tugas dari seorang notaris adalah membuat beragam jenis akta pendirian, warisan, dan lain sebagainya. Profesi ini juga sangat berhubungan dengan ilmu yang diperoleh saat berkuliah.

Sebelum menjadi notaris, kamu harus melanjutkan kuliah dulu agar bisa menggeluti profesi ini. Kamu juga harus menempuh program profesi sehingga bisa bekerja sebagai notaris.

4. Hakim

Prospek kerja Ilmu Hukum lainnya yang paling familiar di masyarakat adalah menjadi Hakim. Bekerja sebagai hakim tentu tidak mudah karena dibutuhkan kredibilitas yang tinggi. Di tangan hakim, keputusan pengadilan menjadi tonggak penting dalam hukum.

5. Konsultan Hukum

Kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan hukum setelah lulus dari Jurusan Ilmu Hukum. Tugasmu sebagai seorang konsultan adalah memberikan pandangan atau arahan terkait dengan kelengkapan dokumen saat menghadapi sidang.

Peranmu dalam bidang ini sangat dibutuhkan dan bisa berpengaruh pada kelancaran jalannya sidang.Sebagai konsultan, Kamu bisa bergabung dengan perusahaan atau lembaga tertentu.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Silvikultur di IPB? Ini Penjelasan dan Prospek Kerjanya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com