Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Pekerjaan dan Kisaran Gaji Lulusan Jurusan Statistika

Kompas.com - 28/04/2024, 14:59 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang suka matematika, bisa memilih Prodi (program studi) Statistika.

Meski kamu harus berkutat dengan angka selama kuliah, namun Jurusan Statistika ini menawarkan prospek cerah bagi para lulusannya.

Memilih Jurusan Statistika akan berhadapan dengan mata kuliah yang cukup memusingkan dan menantang. Namun, lulusan Jurusan Statistika memiliki kesempatan karir yang cukup luas.

Dilansir dari laman Universitas Negeri Semarang, Minggu (28/4/2024) ada berbagai pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Peluang ini bisa terjadi karena ilmu statistika sangat diperlukan dalam pembuatan kebijakan di berbagai perusahaan baik milik pemerintahan maupun swasta.

Baca juga: Prospek Kerja Ilmu Hukum, Bisa Jadi Diplomat hingga Hakim

Daftar pekerjaan dan gaji lulusan Prodi Statistika

Apa saja pekerjaan yang dapat dilamar oleh lulusan program studi statistika? Di bawah ini daftar pekerjaan tersebut beserta kisaran gajinya. Calon mahasiswa yang masih ragu mengambil Jurusan Statistika bisa membaca informasi ini sampai selesai.

1. ASN (Aparatur Sipil Negara)

Menjadi seorang ASN masih menjadi dambaan sebagian anak muda. Lulusan Jurusan Statistika bisa memilih pekerjaan menjadi seorang ASN.

Ada banyak lembaga pemerintahan yang memerlukan lulusan prodi ini, contohnya BPS (Badan Pusat Statistik). Gaji ASN di lembaga-lembaga ini mulai dari Rp 3 juta per bulan.

2. Market Researcher

Prospek kerja lainnya dari lulusan Jurusan Statistika adalah menjadi seorang market researcher.

Sebagai peneliti pasar, seorang market researcher melakukan penelitian guna mengumpulkan market data.

Data ini sangat dibutuhkan oleh pebisnis atau petinggi perusahaan untuk mengambil keputusan. Gaji yang diperoleh market researcher kurang lebih Rp 5 juta tiap bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional, Diplomat hingga Ekspor-Impor

3. Analis Keuangan

Para lulusan Jurusan Statistika juga dapat bekerja sebagai analis keuangan perusahaan. Seorang analis keuangan memperoleh gaji sekitar Rp 3 juta per bulan.

4. Data Scientist

Data scientist merupakan peluang kerja baru bagi lulusan prodi statistika. Profesi ini bertugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta menelaah data ini untuk berbagai keperluan perusahaan. Gaji bulanan seorang data scientist cukup fantastis, yaitu mulai dari Rp 10 juta.

5. Aktuaris

Prospek kerja lulusan Jurusan Statisika berikutnya adalah menjadi seorang Aktuaris. Para aktuaris umumnya bekerja untuk perusahaan asuransi. Job desk mereka adalah menganalisis risiko keuangan dalam asuransi. Seorang aktuaris memperoleh pendapatan sekitar Rp 6 juta per bulan.

6. Analis Bisnis

Seorang analis bisnis memiliki tugas untuk mengolah informasi dan membantu perusahaan merencanakan strategi bisnis. Seorang analis bisnis dapat memperoleh gaji bulanan sekitar Rp 5 juta hingga Rp 17 juta.

7. Dosen

Lulusan Jurusan Statistika yang ingin berkarier di bidang akademik dapat memilih profesi sebagai dosen.

Peluang rekrutmen dosen statistik cukup besar karena banyak universitas yang memiliki prodi atau jurusan statistika.

Namun, untuk menjadi dosen statistika, lulusan harus menempuh S2 terlebih dahulu. Seorang dosen statistika memperoleh gaji mulai dari Rp 4 juta per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Prodi Statistika dan Sains Data, Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Setelah tahu prospek kerja lulusan Jurusan Statistika, calon mahasiswa jadi tahu bahwa prodi ini bisa dibilang sebagai salah satu jalan menuju kesuksesan karier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com