Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Referensi Daftar SPAN PTKIN 2024

Kompas.com - 29/02/2024, 06:42 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran SPAN PTKIN 2024 (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) masih terbuka hingga 15 Maret 2024 mendatang.

Sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri menyediakan berbagai jurusan kuliah yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Salah satunya adalah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Sebelum memilih jurusan ini saat mendaftar SPAN PTKIN 2024, ada baiknya kamu tahu prospek kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariah terlebih dahulu.

Dilansir dari laman Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al Wafa, Bogor, Jawa Barat Jumat (29/2/2024) membagikan informasi mengenai prospek kerja lulusan Jurusan Hukum Ekonomi Syariah.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ekonomi Syariah, Keunggulan dan Prospek Kerjanya

Prospek kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Hukum Ekonomi Syariah adalah Ilmu hukum Islam yang menganalisis persoalan hukum Islam di masyarakat dalam menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan permasalahan terkait hukum bisnis syariah.

Hukum Ekonomi Syariah juga mempelajari halal haramnya suatu transaksi ekonomi berdasarkan hukum ekonomi syariah. Tidak hanya itu, mahasiswa dibekali ilmu hukum perdata dan pidana.

Untuk melakukan pengawasan dan bimbingan serta menjalankan roda-roda bisnis berbasis syariah, membutuhkan orang-orang hukum yang kompeten di bidangnya.

Oleh karena itu, diharapkan lulusan Jurusaan Hukum Ekonomi Syariah dapat membandingkan hukum ekonomi syariah dan hukum ekonomi konvensional.

Lulusan program studi Hukum Ekonomi Syariah memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Lulusan jurusan ini, tidak hanya bisa bekerja di industri ekonomi dan perbankan. Seperti pegadaian, asuransi syariah, dan perbankan syariah. Berikut peluang dan prospek sarjana Jurusan Hukum Ekonomi Syariah:

Baca juga: Apa Itu Jurusan Silvikultur di IPB? Ini Penjelasan dan Prospek Kerjanya

1. Hakim Peradilan Agama.

Lulusan Jurusan Hukum Ekonomi Syariah bakal mempunyai kecakapan dan kemampuan sebagai Hakim Peradilan Agama.

Seseorang yang lulus di fakultas syariah dapat mengajukan diri sebagai calon hakim karena UU 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman telah memberikan peluang bagi sarjana hukum berbasis syariah dan sarjana hukum murni untuk bersaing menjadi hakim, dan pejabat peradilan lainnya.

2. Legal officer dan sharia compliance di lembaga keuangan syariah

Prospek kerja lulusan Jurusan Hukum Ekonomi Syariah berikutnya adalah menjadi legal officer dan sharia compliance di lembaga keuangan syariah.

Drafter kontrak bisnis syariah kontrak bisnis syariah yang digunakan oleh perusahaan atau lembaga keuangan syariah.

3. Advokat dan konsultan hukum

Mempunyai kecakapan dan kemampuan dalam melakukan advokasi dan konsultasi hukum.

4. Arbiter dan mediator sengketa bisnis syariah dalam sengketa bisnis syariah

5. Pegiat masyarakat di bidang Hukum Ekonomi Syariah

Lulusan Jurusan Hukum Ekonomi Syariah juga bisa bekerja dalam bidang hukum ekonomi syariah seperti menjadi konsultan dan trainer.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com