Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris, Bisa Kerja di Kemenlu

Kompas.com - 30/01/2024, 08:22 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang menyukai bidang bahasa bisa memilih Jurusan Sastra untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Ada banyak Jurusan Sastra yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Sastra Inggris. Calon mahasiswa yang masih menimbang-nimbang memilih jurusan Sastra Inggris, perlu tahu prospek kerjanya setelah lulus.

Dilansir dari laman Unair (Universitas Airlangga), Selasa (30/1/2024) memaparkan prospek kerja lulusan Sastra Inggris yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Dekan Bahasa dan Sastra Inggris Unair Layli Hamida menerangkan, Sastra Inggris Unair terus mendukung mahasiswanya untuk dapat jenjang karier yang luas.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Terbaik 2024

Sastra Inggris punya jenjang karier luas

Salah satunya, Sastra Inggris Unair memberikan kesempatan para mahasiswanya untuk dapat magang di Kedutaan Besar dan perusahaan nasional dan multinasional.

Dukungan tersebut membuahkan hasil yang manis, nampak pada para alumni Sastra Inggris Unair yang berkecimpung dalam industri kreatif, kementerian, dan perusahaan ternama di Indonesia. Tentunya, hal ini menjadikan Sastra Inggris Unair menjadi program studi yang menjanjikan dan layak dipilih para calon mahasiswa.

Berikut prospek kerja lulusan Sastra Inggris yang perlu diketahui calon mahasiswa:

1. Bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

2. Bisa bekerja di bidang industri kreatif seperti, copywriting, social media specialist, dan content writer.

Terbukti, pada tahun 2022 Sastra Inggris Unair berhasil mengantongi akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) dan akreditasi Unggul secara nasional.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Jurusan Informatika, Calon Mahasiswa Cek

Adanya mata kuliah multidisipliner

Salah satu faktor untuk mendapatkan akreditasi internasional adalah kurikulum internasional. Salah satu yang menjadi penilaian yaitu harus adanya mata kuliah multidisipliner.

"Mata kuliah yang diberikan oleh prodi Sastra Inggris Unair berfokus pada pengembangan mahasiswa. Harapannya, kelak mahasiswa Sastra Inggris Unair dapat direkrut oleh perusahaan multinasional dan nasional," jelas Layli seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (30/1/2024).

Dekan Sastra Inggris Unair ini memaparkan, jurusan ini sangat membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mahasiswa dapat melakukan studi atau pertukaran pelajar di luar maupun dalam negeri.

Hal itu terbukti pada Sastra Inggris Unair kerap kali mengirimkan mahasiswa terbaiknya dalam program pertukaran pelajar.

Salah satunya, pada tahun ini Sastra Inggris Unair berhasil mengirimkan lima mahasiswanya dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Kelima mahasiswa tersebut tersebar di benua Eropa dan Amerika. Tak hanya itu, Sastra Inggris Unair sendiri memiliki program joint class untuk mahasiswanya.

"Joint class ini memberikan para mahasiswa Sastra Inggris Unair untuk belajar dengan partner university. Biasanya, mahasiswa dapat bergabung melalui kanal zoom meeting untuk mendapatkan materi dari partner university dan sebaliknya kita beberapa kali menghadirkan partner university untuk mengajar mahasiswa," papar dia.

Baca juga: Mengenal Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Sastra Inggris Unair telah memiliki jejaring yang luas dengan universitas ternama di beberapa negara. Hal ini dapat menjadi peluang untuk melakukan kolaborasi riset dan publikasi bersama.

"Tentunya, hal ini merupakan salah satu wujud komitmen prodi Sastra Inggris Unair untuk meningkatkan peluang dan taraf internasional bagi seluruh sivitas akademika Sastra Inggris Unair," imbuhnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com