Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Unair yang Sepi Peminat tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan

Kompas.com - 26/01/2024, 16:43 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis


KOMPAS.com - Jurusan Unair (Universitas Airlangga) yang sepi peminat bisa jadi referensi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus ini pada tahun akademik 2024/2025.

Biasanya calon mahasiswa mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan jurusan kuliah.

Selain bakat dan minat, calon mahasiswa juga perlu mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus dari jurusan kuliah incarannya.

Bagi calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, ada 10 jurusan Unair yang sepi peminat padahal prospek kerjanya menjanjikan.

Baca juga: 11 Jurusan di Unej yang Sepi Peminat, Referensi Daftar UTBK SNBT 2024

10 jurusan Unair sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan

Dilansir dari laman resmi Unair, Jumat (26/1/2024) berikut 10 jurusan Unair yang sepi peminat namun punya peluang karier menjanjikan. Calon mahasiswa bisa menyimak informasi ini sampai selesai.

1. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan yang pertama adalah Jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

Jurusan ini berfokus pada pengolahan hasil perikanan, pangan fungsional, keamanan pangan, dan hilirisasi industri. Meski baru berdiri pada 2014 lalu, tetapi Jurusan Teknologi Hasil Perikanan ini telah banyak menorehkan prestasi.

Tahun ini, Jurusan Teknologi Hasil Perikanan akan mengikuti akreditasi internasional Accreditation in Engineering Computer Sciences Natural Sciences Mathematic.

Lulusan Jurusan Teknologi Hasil Perikanan Unair telah melahirkan lulusan yang berkiprah di berbagai sektor. Mulai dari instansi swasta, pemerintah, akademisi, dosen, peneliti, hingga entrepreneur.

2. Fisika

Jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan berikutnya adalah Jurusan Fisika. Jurusan Fisika di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair ini berbasis ilmu kesehatan.

Meskipun bukan termasuk ilmu teknik, tetapi Fisika Unair berhasil menduduki posisi terbaik ke-4 di Indonesia dan telah terakreditasi Unggul.

Lulusan Fisika Unair bisa terjun dan bekerja di berbagai bidang dengan cakupan yang luas. Tercatat, para lulusan Fisika Unair ini ada yang bekerja sebagai banker, human resource development (HRD), customer service, fisika medis, hingga pengolahan data serta cyber perusahaan.

Baca juga: 19 Jurusan Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi

3. Kesehatan Masyarakat (FIKKIA Banyuwangi)

Tahukah kamu bahwa Unair punya kampus lain di luar Surabaya. Unair juga memiliki fakultas di Banyuwangi yang bernama FIKKIA. Jurusan Kesehatan Masyarakat menjadi salah satu jurusan di FIKKIA.

Meski terbilang sepi peminat, namun Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKKIA Unair memiliki prospek kerja menjanjikan. Sebelum lulus, mahasiswa mengikuti praktik kerja lapangan sehingga dapat mengaplikasikan ilmu secara langsung kepada masyarakat.

Berbekal pengalaman dan ilmu, lulusan Kesehatan Masyarakat FIKKIA Unair sukses dalam berkarier di berbagai bidang. Sebagian besar mereka bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta yang menyebar di seluruh Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com