Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jurusan Unair yang Sepi Peminat tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan

KOMPAS.com - Jurusan Unair (Universitas Airlangga) yang sepi peminat bisa jadi referensi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus ini pada tahun akademik 2024/2025.

Biasanya calon mahasiswa mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan jurusan kuliah.

Selain bakat dan minat, calon mahasiswa juga perlu mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus dari jurusan kuliah incarannya.

Bagi calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, ada 10 jurusan Unair yang sepi peminat padahal prospek kerjanya menjanjikan.

10 jurusan Unair sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan

Dilansir dari laman resmi Unair, Jumat (26/1/2024) berikut 10 jurusan Unair yang sepi peminat namun punya peluang karier menjanjikan. Calon mahasiswa bisa menyimak informasi ini sampai selesai.

1. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan yang pertama adalah Jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

Jurusan ini berfokus pada pengolahan hasil perikanan, pangan fungsional, keamanan pangan, dan hilirisasi industri. Meski baru berdiri pada 2014 lalu, tetapi Jurusan Teknologi Hasil Perikanan ini telah banyak menorehkan prestasi.

Tahun ini, Jurusan Teknologi Hasil Perikanan akan mengikuti akreditasi internasional Accreditation in Engineering Computer Sciences Natural Sciences Mathematic.

Lulusan Jurusan Teknologi Hasil Perikanan Unair telah melahirkan lulusan yang berkiprah di berbagai sektor. Mulai dari instansi swasta, pemerintah, akademisi, dosen, peneliti, hingga entrepreneur.

2. Fisika

Jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan berikutnya adalah Jurusan Fisika. Jurusan Fisika di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair ini berbasis ilmu kesehatan.

Meskipun bukan termasuk ilmu teknik, tetapi Fisika Unair berhasil menduduki posisi terbaik ke-4 di Indonesia dan telah terakreditasi Unggul.

Lulusan Fisika Unair bisa terjun dan bekerja di berbagai bidang dengan cakupan yang luas. Tercatat, para lulusan Fisika Unair ini ada yang bekerja sebagai banker, human resource development (HRD), customer service, fisika medis, hingga pengolahan data serta cyber perusahaan.

3. Kesehatan Masyarakat (FIKKIA Banyuwangi)

Tahukah kamu bahwa Unair punya kampus lain di luar Surabaya. Unair juga memiliki fakultas di Banyuwangi yang bernama FIKKIA. Jurusan Kesehatan Masyarakat menjadi salah satu jurusan di FIKKIA.

Meski terbilang sepi peminat, namun Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKKIA Unair memiliki prospek kerja menjanjikan. Sebelum lulus, mahasiswa mengikuti praktik kerja lapangan sehingga dapat mengaplikasikan ilmu secara langsung kepada masyarakat.

Berbekal pengalaman dan ilmu, lulusan Kesehatan Masyarakat FIKKIA Unair sukses dalam berkarier di berbagai bidang. Sebagian besar mereka bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta yang menyebar di seluruh Indonesia.

4. Akuakultur

Jurusan Unair yang sepi peminat lainnya tetapi memiliki prospek karier gemilang adalah Akuakultur. Jurusan yang berfokus pada kesehatan ikan dan lingkungan ini telah mendapatkan akreditasi nasional dan internasional.

Jurusan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai program seperti Magang Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) hingga kolaborasi riset internasional.

Jurusan Akuakultur Unair ini juga telah menghasilkan alumnus dengan karier membanggakan. Sebab, prospek karir jurusan akuakultur ini memang sangat luas, mulai dari instansi negara, swasta, hingga wirausaha.

5. Akuakultur (FIKKIA)

Selain di Surabaya, Unair juga memiliki Jjurusan Akuakultur di FIKKIA Banyuwangi. Lokasinya yang berdekatan dengan wilayah perairan menjadi keunggulan tersendiri sebab bisa menunjang sistem pembelajaran di alam secara langsung.

Terkait dengan prospek karier, Jurusan Akuakultur FIKKIA telah berhasil mencetak alumnus yang sukses bekerja di berbagai sektor. Seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pusat, hingga pemerintah daerah provinsi.

6. Ilmu dan Informasi Perpustakaan

Jurusan Ilmu dan Informasi Perpustakaan (IIP) UNAIR menjadi satu-satunya jurusan di Indonesia yang menyatukan dua disiplin ilmu, yaitu Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Peluang karier dari Jurusan IIP sangatlah luas. Selain bekerja di perpustakaan, tidak sedikit pula lulusan yang bekerja di bidang informasi dan teknologi. Sebab, mereka yang mengambil jurusan IIP juga dibekali kemampuan data analysis dan software coding.

7. Sosiologi

Jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Sosiologi. Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka mempelajari interaksi sosial. Jurusan Sosiologi Unair berada di peringkat ketiga nasional dan telah terakreditasi internasional.

Sosiologi Unair juga memiliki prospek kerja menjanjikan. Lulusan jurusan ini berpeluang karier sebagai sosiolog profesional, dosen, guru, manajer perusahaan, konsultan publik, peneliti sosial, jurnalis, tenaga ahli pemerintahan, pengusaha, hingga aktivis partai politik.

8. Bahasa dan Sastra Inggris

Salah satu jurusan menjanjikan lainnya yang tak banyak diketahui khalayak adalah Bahasa dan Sastra Inggris . Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unair ini mendapat pengakuan unggul secara nasional maupun internasional.

Selain itu, Sastra Inggris Unair juga menjadi salah satu jurusan yang tidak pernah absen mengirimkan mahasiswanya pada program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Lulusan Sastra Inggris Unair telah bekerja di berbagai sektor. Seperti Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Selain itu, lulusan Sasing juga banyak yang bekerja di bidang industri kreatif seperti copywriting, social media specialist, dan content writer. 

9. Studi Kejepangan

Jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan berikutnya adalah Jurusan Studi Kejepangan. Jika memilih jurusan ini, kamu mendapat banyak pengalaman. Pasalnya, Studi Kejepangan juga kerap melakukan kerja sama langsung dengan instansi dari Jepang, mulai dari riset hingga magang kerja.

Dengan banyaknya kerja sama dengan pihak luar, maka prospek kerja dari studi kejepangan ini juga terbilang luas.

Apalagi, studi kejepangan memiliki networking luas melalui berbagai asosiasi seperti Asosiasi Pendidikan Bahasa Jepang, Asosiasi Kesusastraan Jepang-Indonesia, hingga Asosiasi Studi Jepang-Indonesia.

10. Ekonomi Islam

Jurusan Unair yang sepi peminat yaitu Ekonomi Islam (Ekis). Jurusan ini mempelajari ekonomi dan bisnis berdasarkan prinsip Islam. Hal ini menjadi poin tambahan, mengingat jumlah masyarakat Muslim sangat besar di dunia.

Jurusan Ekonomi Islam, tidak pernah absen menjadi langganan peserta MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Sebagian besar dari mereka memilih melakukan magang di berbagai tempat. Mulai Microsoft hingga Bank Syariah dan perusahaan multinasional lainnya. 

Demikian informasi mengenai 10 jurusan Unair yang sepi peminat tapi prospek kerjanya menjanjikan. Calon mahasiswa bisa memilih salah satu dari jurusan ini saat mendaftar SNBP 2024, SNBT 2024 hingga jalur Mandiri.

https://www.kompas.com/edu/read/2024/01/26/164300571/10-jurusan-unair-yang-sepi-peminat-tapi-prospek-kerjanya-menjanjikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke