Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Jurusan Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi

Kompas.com - 10/01/2024, 06:51 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa mungkin saat ini ada yang masih mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.

Perguruan tinggi negeri di Indonesia menyediakan banyak sekali jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sesuai bakat dan minatmu.

Salah satu strategi yang bisa kamu pakai agar lolos di PTN adalah mencari jurusan kuliah yang sepi peminat.

Karena dengan memilih jurusan yang sepi peminat otomatis pesaingmu juga makin sedikit. Namun ada beberapa jurusan sepi peminat dengan peluang kerja tinggi.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Paling Sulit, Ada Fisika Murni hingga Informatika

Jurusan sepi peminat dengan peluang kerja tinggi

Dilansir dari laman PT Sentra Vidya Utama perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan (EdTech), Selasa (9/1/2024) membagikan informasi setidaknya 19 jurusan sepi peminat dengan peluang kerja tinggi.

Calon mahasiswa yang belum memilih jurusan kuliah, bisa menjadikan jurusan sepi peminat dengan peluang kerja tinggi sebagai pilihan saat mendaftar ke perguruan tinggi.

1. Ilmu Perpustakaan

Jurusan kuliah pertama yang tergolong jurusan sepi peminat dengan peluang kerja tinggi adalah Ilmu Perpustakaan.

Masuk di jurusan ilmu perpustakaan ternyata bukan sekadar menjadi perjaga perpustakaan saja. Dari jurusan ini, kamu bisa belajar banyak tentang pengelolaan perpustakaan, manajemen, hingga teknologi informasi di dalamnya.

Jadi prospek kerjanya sangatlah luas ketika lulus nanti. Di masa depan, lulusan ini juga akan berprofesi sebagai document controller atau bisa sebagai seorang sekretaris.

2. Kehutanan

Peluang jurusan kehutanan ternyata juga sangatlah luas. Bahkan Presiden Joko Widodo juga merupakan lulusan Jurusan Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Setelah lulus, kemampuan yang dimiliki lulusan Jurusan Kehutanan dibutuhkan instansi BUMN, konservasi nasional hingga internasional.

3. Ilmu Arkeologi

Jurusan Arkeologi merupakan jurusan yang mempelajari dan meneliti kondisi barang dan jejak zaman dahulu.

Namun sebenarnya jurusan ini merupakan sebuah jurusan yang sangat dibutuhkan untuk meneliti penemuan-penemuan masa lalu yang baru saja ditemukan.

Baca juga: 2 Sekolah Kedinasan Tanpa Syarat Tinggi Badan, Siap-siap Daftar

4. Sastra Jawa

Ada banyak jurusan sastra yang tersedia di perguruan tinggi. Salah satunya Jurusan Sastra Jawa. Namun jika dibandingkan dengan jurusan sastra lain, seperti Jurusan Sastra Inggris, Sastra Korea, hingga Sastra Jepang, Sastra Jawa relatif kurang diminati.

Namun lulusan jurusan ini akan berkecimpung di banyak hal. Mulai dari penerjemah, alih bahasa, hingga menjadi dosen.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com