Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Raih Skor SINTA Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 09/01/2024, 19:50 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi dengan skor Science and Technology Index (SINTA) tertinggi hingga awal tahun 2024.

Skor SINTA adalah alat ukur kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi universitas yang meliputi kinerja peneliti, penulis, jurnal, dan institusi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dioperasikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Mahasiswa, UGM Konversi Kegiatan Ini dengan SKS per 1 Januari 2024

Direktur Penelitian UGM, Prof. Mirwan Ushada mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil kinerja semua penelitian yang ada di fakultas UGM.

"Capaian ini juga menjadi bukti bahwa kontribusi luaran penelitian dosen/peneliti UGM terekognisi nasional dan internasional," kata Mirwan dilansir dari laman resmi UGM, Selasa (9/1/2024).

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada 6 Januari 2024, skor SINTA UGM dalam tiga tahun sebesar 1.361.247.

Sedangkan skor SINTA UGM secara keseluruhan sudah mencapai angka 3.691.390.

Menurut Mirwan, perolehan skor ini tidak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan UGM dalam mendongkrak kualitas dan kuantitas publikasi yang dihasilkan para dosen dan peneliti.

Salah satu upayanya adalah meningkatkan kualitas publikasi internasional bereputasi dan berdampak tinggi melalui porgram bantuan dan insentif.

Baca juga: Menyoal Kesiapan Jurnal Sinta sebagai Basis Data Klasterisasi Perguruan Tinggi

Di antaranya seperti pemberian insentif karya ilmiah sudah terbit, pemandatan publikasi berdampak tinggi, bantuan presentasi maupun penyelenggaraan konferensi internasional.

Kemudian program peningkatan academic excellence, program peningkatan kompetensi doktor, program riset kolaborasi Indoensia, program RISPRO LPDP, PUIPT-PT, program peningkatan kapasitas peneliti dosen muda serta pusat kolaborasi riset.

UGM, kata Mirwan, juga menerapkan program fasilitasi untuk menunjang peningkatan kualitas penelitian.

Beberapa di antaranya dengan pendirian klinik publikasi, language editing dan cek plagiarisme, Natre Research Academic, dan Nature Masterclass Online.

Baca juga: 4 Jalur Masuk UGM 2024 buat Lulusan SMA, MA, SMK, dan Paket C

"UGM terus berupaya meningkatkan kualitas publikasi internasional bereputasi dan berdampak tinggi, paten penelitian, kolaborasi riset internasional serta mendukung program implementatif pengabdian masyarakat," tutup Mirwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com