Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS, Ada PKN STAN hingga STIN

Kompas.com - 09/01/2024, 07:12 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa sekolah kedinasan untuk siswa jurusan IPS. Sehingga, siswa SMA dari jurusan IPS, tetap bisa memanfaatkan pendaftaran sekolah kedinasan 2024 mendatang.

Berkaca pada pendaftaran sekolah kedinasan tahun-tahun sebelumnya, syarat pendaftarannya berbeda-beda bergantung masing-masing sekolah kedinasan.

Bahkan ada satu sekolah kedinasan yang mensyaratkan siswa lulusan SMK untuk beberapa jurusan tertentu saja.

Siswa yang ingin mendaftar sekolah kedinasan 2024, berikut sekolah kedinasan untuk jurusan IPS yang bisa kamu manfaatkan.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Kedinasan BMKG, Kuliah Gratis-Lulus Jadi CPNS

Sekolah kedinasan untuk jurusan IPS

1. PKN STAN

Sekolah kedinasan untuk jurusan IPS yang pertama adalah PKN STAN. Sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini cocok dipilih siswa yang suka dengan bidang ekonomi atau akuntansi.

Siswa yang akan mendaftar di PKN STAN 2024 perlu tahu apa saja syarat pendaftarannya. Mengacu pada persyaratan tahun sebelumnya, berikut syarat masuk PKN STAN yang perlu diketahui siswa:

Lulusan tahun 2021, tahun 2022 atau calon lulusan tahun 2023 semua lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama.

Dari syarat tersebut, diketahui bahwa PKN STAN bisa dipilih siswa dari jurusan IPS. Namun kamu juga harus memenuhi syarat usia.

Usia maksimal untuk mendaftar di PKN STAN pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah 21 tahun. Usia minimal pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah 14 tahun.

PKN STAN juga mewajibkan pendaftarnya memiliki Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT).

Baca juga: Ada 6.027 Formasi di Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024, Lulus Jadi CPNS

2. IPDN

Sekolah kedinasan untuk jurusan IPS berikutnya adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN.

Siswa yang mau berencana mendaftar IPDN tahun 2024 wajib Berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk Paket C.

Dengan nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00. Nilai Rata-rata Ijazah bagi pendaftar di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya minimal 65,00.

Syarat lainnya untuk mendaftar di IPDN adalah, usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Januari tahun berjalan. Selain itu juga ada syarat tinggi badan, pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.

3. Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)

Siswa SMA jurusan IPS juga bisa mendaftar sekolah kedinasan milik Kemenkumham yang satu ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com