Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Hardiknas, BNPT Ajak Guru di Banten Melek Intoleransi dan Radikalisme

Kompas.com - 30/04/2024, 18:21 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Kamis, (2/5/2024) mendatang tentu menjadi momentum tersendiri bagi para pemangku pendidikan.

Momentum Hardiknas, harus bisa menjadi lembaran baru bagi para guru dan siswa. Salah satunya, memperkuat strategi agar terhindar dari intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Prof. Dr. Irfan Idris, MA.

"Tentunya bagaimana melakukan dialog dan komunikasi agar perilaku intoleran bisa diminimalisir. Di Hari Pendidikan Nasional besok harus ada semangat baru. Substansinya memang itu itu juga, tetapi strateginya yang harus diperbaharui. Mungkin yang kemarin-kemarin itu di dunia di dunia nyata lebih banyak, tetapi sekarang harus kita ubah porsi di dunia maya harus lebih besar," ujar Prof Irfan Idris, saat menjadi narasumber pada acara Pelatihan Guru dalam rangka Menumbuhkan Ketahanan Satuan Pendidikan dalam Menolak Paham Intoleransi, Kekerasan dan Bullying yang berlangsung di aula SMAN 3, Serang, Banten, Senin (29/4/2024).

Baca juga: Hardiknas Tanggal 2 Mei, Siswa Libur Sekolah atau Tidak?

Ia mengatakan kemajuan era globalisasi saat ini, harus membuat seluruh guru untuk banyak belajar. Karena saat ini siswa pun bisa dikatakan lebih cerdas karena dia setiap saat selalu berinteraksi dengan dunia maya.

"Itulah kelebihan yang ada di dunia maya. Tetapi di sisi lain ada juga banyak pengaruh negatifnya yang bisa memancing emosi para generasi muda. Terutama pelajar-pelajar di lingkungan tingkat sekolah menengah. Sekolah damai ini ada karena anak-anak kita sekarang diserang. Gadget yang melekat pada anak menjadi ruang propaganda yang efektif membentuk anak menjadi pribadi yang intoleran," ujarnya.

Dengan maraknya dunia digital yang mudah diakses, maka perlu strategi baru bagi seorang guru baik itu guru bidang agama, guru bidang Pancasila dan bidang lainnya untuk dapat menanamkan nilai-nilai perdamaian, nilai-nilai positif melalui aplikasi yang ada di dunia maya, seperti TikTok, Instagram dan sebagainya.

"Karena di era dunia maya ini anak-anak remaja jaman sekarang ini lebih banyak bermain di dunia (aplikasi) TikTok. Nah sekarang sudah saatnyalah bagaimana guru itu juga bisa masuk ke TikTok. Dan guru tidak boleh mengatakan itu (dunia maya) bukan dunia saya. Ini bukan persoalan dunia (nyata atau dunia maya), tetapi ini masalah soal sasaran pendidikan tersampaikan atau tidak," ujarnya.

Prof Irfan mengatakan, siswa yang diajar di dunia nyata atau bangku sekolah dan orangtua yang ikut membantu mengajar anaknya kadang kala kurang efektif untuk mengawasi anak dari paparan hal negatif.

Baca juga: Jadwal Libur Sekolah SD-SMA Bulan Mei 2024, Ada Libur Panjang 4 Hari

"Berapa persen hal itu di sekolah tersampaikan? Di rumah melalui orangtua berapa persen sih? 24 jam mereka anak-anak ini bisa pegang gadget main misalnya TikTok dan sebagainya. Sudah saatnya guru dan juga orang tua memasukkan nilai-nilai itu melalui Tik Tok. Saya kira strategi itu akan lebih efektif," ujarnya.

Seperti diketahui, pelatihan para guru ini merupakan bagian dari rangkaian program Sekolah Damai yang menjadi prioritas Kepala BNPT, Komjen Pol. Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel, M. Si, di tahun 2024.

Meskipun namanya Sekolah Damai tetapi harus ada pemberdayaan perempuan menyampaikan mereka kepada para siswa agar selalu agar selalu berhati-hati di dalam menggunakan medsos.

Karena itu menjadi sasaran empuk kelompok terorisme global globalisasi. Sebab saat ini kelompok tersebut nampak tenang di permukaan tetapi dibawa permukaan ini generasi muda selalu menjadi sasaran empuk untuk direkrut.

"Akan lebih berbahaya lagi kalau tenaga pengajar, pendidik, guru atau mentor yang terpapar anak-anak jadi kasihan atau anak anak yang lebih-lebih mulai terpapar mereka harus memiliki sikap toleransi dan inklusif. Artinya mereka tidak boleh ada," ucap mantan Direktur Deradikalisasi BNPT ini.

Seperti diketahui, provinsi Banten pada tahun 2024 ini memulai program Sekolah Damai. Pelatihan guru ini diikuti kurang lebih sebanyak 70 guru SMA se-kota Serang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com