Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Sekolah Tinggi PPM Manajemen: PDMA Indonesia "Reborn"

Kompas.com - 30/04/2024, 17:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Chairman PDMA Indonesia sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM, AC Mahendra K Datu menyampaikan, Asosiasi Manajemen Pengembangan Produk atau Product Development Management Association (PDMA) Indonesia telah lahir kembali (reborn).

Penegasan ini disampaikan Mehendra Datu melihat peran penting PDMA sebagai bagian dari strategi menghubungkan inovasi dengan berkelanjutan (Connnecting Innovation to Sustainability) agar menciptakan keselarasan pada suatu produk, sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

"Sekitar satu dekade lalu, Asosiasi Manajemen Pengembangan Produk atau Product Development Management Association (PDMA) Indonesia resmi diluncurkan," ungkap Koordinator PDMA Indonesia, Pepey Riawati Kurnia (30/4/2024).

"Organisasi yang berada di bawah lisensi PDMA Internasional yang bermarkas di Amerika Serikat ini diharapkan bisa menjadi pusat inovasi dan pengembangan produk di Indonesia." tambahnya.

Masih menurut Pepey, sejak berdirinya, PDMA Indonesia menjadi tempat berkumpul untuk mengembangkan inovasi demi meningkatkan daya saing produk lokal.

Sebagai asosiasi, lanjut Pepey, PDMA menjadi wadah saling berbagi berbasis ilmu pengetahuan dalam pengembangan produk baru sehingga perusahaan lokal bisa terus tumbuh dan berkembang di tengah gempuran produk impor.

Mengingat pentingnya peran PDMA, Mahendra Datu mengingatkan tugas anggota asosiasi untuk membesarnya. "Banyak hal yang menjadi PR kita untuk membuat member menjadi lebih besar lagi, PDMAI ini termasuk yang masih langka," harapnya.

"Kebetulan di Indonesia PPM Manajemen menjadi rumahnya dan kami berharap kita semua akan memperkenalkan bahwa keahlian ini relevan di zaman sekarang, yakni Product Development," ujarnya.

Baca juga: Menuju Indonesia Emas 2045, Pelaku Usaha Butuh Solusi Manajemen SDM yang Terdigitalisasi

Praktisi pengembangan produk baru

Dikutip dari laman resminya, PDMA Indonesia mengembangkan dan menawarkan Sertifikasi New Product Development Professional (NPDP), yang diakui secara internasional.

Sertifikasi NPDP menjadi standar global para praktisi pengembangan produk baru. Program ini menawarkan panduan komprehensif dan mendalam untuk memahami strategi pengembangan produk, manajemen portofolio, proses produk baru, serta riset pasar dan siklus hidup produk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com