Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergi SWA dan PKU-ES: Dorong Inovasi Pendidikan Lewat Pertukaran Pelajar

Kompas.com - 04/05/2024, 14:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sinarmas World Academy (SWA) dan Peking University Elementary School (PKU ES) menegaskan komitmennya untuk memajukan dunia pendidikan melalui kemitraan yang telah terjalin sejak tahun 2011.

Kemitraan ini terus berkembang dan melahirkan Program Pertukaran Pelajar pada tahun 2013. Program ini memungkinkan siswa-siswi dari kedua sekolah untuk saling mengunjungi dan mengikuti program intensif yang dirancang untuk mendorong inovasi dan kolaborasi.

Program Pertukaran Pelajar menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen SWA dan PKU ES untuk menghadirkan pendidikan berkualitas tinggi yang berwawasan global.

Melalui program ini, para siswa berkesempatan untuk merasakan budaya dan sistem pendidikan yang berbeda, memperluas wawasan mereka, dan membangun persahabatan baru.

 

Pada 29 April hingga 3 Mei 2024, puluhan siswa sekolah dasar PKU ES didampingi Chairwoman dan beberapa guru mengunjungi SWA dan terlibat dalam berbagai aktivitas sosial, pendidikan, bahkan lingkungan.

Program Pertukaran Pelajar PKU ES ke SWA diisi ragam aktivitas seperti kelas sains interaktif, melukis batik tradisional Indonesia, study trip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pameran seni dan kaligrafi bersama, serta kunjungan industri ke Indah Kiat Paper Mills yang memproduksi pulp, kertas, dan tisu.

Kunjungan tersebut memberi kesempatan kepada siswa-siswi untuk mempelajari aplikasi praktis IPTEK pada proses produksi kertas serta eksperimen bioteknologi.

Pendidikan holistik

 

Sejalan dengan prinsip pendidikan holistik yang dianut SWA, Program Pertukaran Pelajar ini bertujuan membangun rasa hormat dan mengembangkan pemahaman budaya antar negara serta meningkatkan pembelajaran yang kolaboratif.

Baca juga: Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Gelar Gebyar Inovasi Pendidikan SD

Chairman of the Board SWA, Anton Mailoa (4/5/2024) menyatakan, “kami sangat bangga dapat menjalin Kemitraan Pendidikan dengan Peking University (PKU), salah satu institusi pendidikan terbaik."

"Di era global saat ini, pendidikan harus berani terus berinovasi, bertransformasi, serta berkolaborasi untuk menyiapkan generasi muda yang mampu membuat perubahan yang lebih baik di dunia," ungkap Anton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com